Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Nilai K 13 Kelas 1 s.d. 6 Semester 2

Daftar nilai tentu sangatlah diperlukan dan juga merupakan salah satu kelengkapan administrasi bagi seotang guru. Dulu sebelum pemberlakuan kurikulum 2013 daftar nilai sangatlah mudah untuk didapatkan karena sudah ada yang menjual langsung di toko-toko atau percetakan terkait. Namun dengan pemberlakuan kurikulum 2013 daftar nilai tidak mudah untuk didapatkan karena memang dipengaruhi oleh adanya perbedaan teknik perekapan nilai dengan kurikulum 2006.

Daftar nilai K13 dipengaruhi oleh ketentuan Kompetensi Dasar yang ada pada setiap tema. Bentuk formatnya bisa sama tapi KD yang ada tentu berbeda tiap kelas. Sangatlah penting dalam pembuatan daftar nilai haruslah selalu berpedoman pada pemetaan Kompetensi Dasar yang sudah dibuat.
Bagi yang belum punya pemetaan KD bisa kunjungi alamat : Pemetaan KD Revisi 2018 lengkap dari kelas 1 sampai dengan 6 sudah sesuai dengan Buku Guru dan Buku Siswa. Sementara untuk Panduan Penilain bisa disini.

Perlu juga saya jelaskan disini bahwa Format Daftar Nilai yang dibagikan ini hanyan menampung nilai yang sudah final untuk perekapan nilai anak ke rapor yang akan dibagikan pada setiap semesternya.

Daftar Nilai K13


Bentuk Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan dalam bentuk penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian sekolah.

Serdangkan untuk penilaian pengetahuan dapat digambarkan sebagai berikut:

1) Penilaian Harian (PH)
Penilaian Harian dilakukan dalam bentuk tes tertulis, lisan, atau penugasan. Penilaian harian tertulis direncanakan berdasarkan pemetaan KD dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan minimal satu kali dalam satu tema untuk setiap KD muatan pelajaran. Hal itu memungkinkan penilaian harian dilakukan untuk KD satu muatan pelajaran atau gabungan KD-KD beberapa muatan pelajaran sesuai kebutuhan. Sebelum menyusun soalsoal tes tertulis, guru perlu membuat kisi-kisi soal. Apabila tes tertulis dilakukan untuk mencapai KD satu muatan pelajaran, soal-soal dibuat per muatan pelajaran. Soal-soal tes tertulis dapat juga dibuat terpadu untuk beberapa muatan pelajaran.

Penilaian harian berfungsi untuk perbaikan pembelajaran dan juga sebagai salah satu bahan untuk pengolahan nilai rapor. Nilai pengetahuan yang diperoleh dari penilaian harian (NPH) merupakan nilai rerata yang ditulis dengan menggunakan angka pada rentang 0-100.

2) Penilaian Tengah Semester (PTS)
Penilaian tengah semester dilaksanakan setelah menyelesaikan separuh dari jumlah tema dalam satu semester atau setelah 8-9 minggu belajar efektif. PTS berbentuk tes tulis dan berfungsi untuk perbaikan pembelajaran selama setengah semester serta sebagai salah satu bahan pengolahan nilai rapor. Soal atau instrumen PTS disusun berdasarkan muatan pelajaran sesuai dengan KD yang dirakit secara terintegrasi. Nilai pengetahuan yang diperoleh dari PTS (NPTS) merupakan nilai tengah semester dan penulisannya menggunakan angka pada rentang 0-100.

3) Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT)
Penilaian akhir semester (PAS) dan penilaian akhir tahun (PAT) dilaksanakan setelah menyelesaikan seluruh tema dalam satu semester belajar efektif. Penilaian akhir semester/tahun untuk aspek pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tertulis yang berfungsi untuk mengukur pencapaian hasil pembelajaran selama satu semester serta sebagai salah satu bahan pengisian rapor.
Instrumen penilaian akhir semester/tahun untuk aspek pengetahuan disusun berdasarkan muatan pelajaran sesuai dengan karakteristik KD. Nilai dari penilaian akhir semester ditulis NPAS dan nilai dari penilaian akhir tahun ditulis NPAT. Penulisan nilai NPAS dan NPAT menggunakan angka pada rentang 0-100.

Dalam penentuan penilain sesuai Buku Panduan Penilaian diberikan contoh hasil pengolahan Akhir KD yaitu :
  • Nilai akhir KD jika memiliki PTS adalah : ((2 x NPH) + NPTS + NPAS) : 4
  • Nilai akhir KD jika tidak memiliki PTS adalah : ((2 x NPH) + NPAS) : 3
  • Nilai akhir untuk muatan pelajaran adalah nilai rata-rata dari nilai akhir KD

UNDUH :

  1. Daftar nilai kelas 1 semester 2
  2. Daftar nilai kelas 2 semester 2
  3. Daftar nilai kelas 3 semester 2 Rev.2018
  4. Daftar nilai kelas 4 semester 2
  5. Daftar nilai kelas 5 semester 2
  6. Daftar nilai kelas 6 semester 2 Rev. 2018

Demikianlah semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk mengecek kembali sebelum digunakan.

3 komentar untuk "Daftar Nilai K 13 Kelas 1 s.d. 6 Semester 2"

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.