Analisis Kalender Pendidikan Untuk Menentukan Hari Belajar Efektif Tahun 2019/2020

Sebelum membuat  program tahunan dan program semester sebagai seorang pendidik tentu tidak lepas apa yang disebut dengan Kalender Pendidikan.  Kalender Pendidikan sudah kita dapatkan dari masing-masing daerah Provinsi. Tentu akan berbeda dengan daerah-daerah provinsi lain karena dibuat berdasarkan kebutuhan.

Demikian pula setelah di sekolah akan berbeda pula dengan sekolah yang lain karena juga berdasarkan kondisi dan program yang ada disekolah masing – masing. Karena itulah saya yang juga seorang guru membuat Kalender Pendidikan sesuai keadaan yang ada di sekolah. Supaya nantinya semua program pembelajaran yang sudah di targetkan bisa selesai tepat waktu.

Analisis hari sekolah


Pertama yang saya lakukan adalah menganalisi Hari Efektif Sekolah sesuai Kalender Pendidikan yang sudah didapat. (lihat gb di atas). Dari situ saya temukan terdapat 118 hari efektif sekolah semester 1 dan 110 hari efektif sekolah semester 2.  ( ini termasuk dalam 6 hari awal sekolah dan 1 hari pembagian rapor di semester 1 dan 1 hari pembagian rapor disemester 2).

Setelah semuanya tercek dengan benar maka analisis yang sudah dibuat tadi di sinkronkan dengan program sekolah yang ada, dan jadwal pelajaran untuk analisis hari efektif belajar per kelasnya. Dari situ didapat 91 hari efektif belajar di semester 1 dan 89 hari efektif belajar di semester 2. (Kurikulum 2013). Dan jika di konversi ke jam menjadi 315 jam Tema, 90 jam muatan Matematika untuk semester 1 dan 302 jam Tema, 96 jam muatan Matematika untuk semester 2 ( Ini dibuat untuk kelas 5 sesuai keadaan sekolah). Lihat gb.


Analisis Hari Efektif Belajar

Hasil tersebutlah baru dituangkan ke dalam program tahunan dan program semester untuk dikondisikan harapannya agar semua target bisa tercapai.

Untuk melengkapi penjelasan di atas berikut bisa di unduh analisis Kalender Pendidikan yang saya buat sesuai kondisi sekolah. Analisis yang bagikan  tersebut bisa disesuaikan sesuai kebutuhan karena tanpa protect worksheet. Lihat gb di bawah rekap analisisnya:

Reka analisis belajar efektif

Format Analisis Kalender Pendidikan dan Analisis Hari Efektif Belajar Tahun Pelajaran 2019/2020 Kurikulum 2013. Selengkapnya Unduh

Sedangkan untuk :
Protah dan Prosem Tema Kelas 1 s.d. 6 cek Disini
Protah dan Prosem Muatan Matematika Kelas Tinggi cek disini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Analisis Kalender Pendidikan Untuk Menentukan Hari Belajar Efektif Tahun 2019/2020"

Posting Komentar

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel