January 7, 2017

Tips Membuat Form Kirim Tugas Online dari Google Untuk Guru Inovatif

Guru inovtif adalah guru yang tak akan pernah berhenti mencari cara atau solusi untuk memajukan para anak didiknya. Membuat siswa mau belajar memang harus diperlukan trik-trik khusus untuk menghadapinya.

Bagi Bapak/Ibu guru yang ingin melengkapi blog nya dengan formulir isian tugas
Berikut cara membuat Form untuk mengirim tugas online dengan memanfaatkan google drive yang boleh dibilang sangat ringan dan mudah digunakan.

Tips membuat form untuk tugas online

1) Silahkan login di https://drive.google.com dengan menggunakan akun Gmail Anda. Jika belum punya bisa di lihat panduannya disini : Cara membuat akun Gmail terbaru

2) Pada tampilan awal klik pada menu Baru (dalam bahasa Indonesia) sorot kebawah cari lainnya maka akan ada beberapa pilihan tentunya yang di klik adalah Google Formulir. Selanjutnya akan dibawa ke formulir isian seperti pada gambar dibawah.

Ganti tulisan Formulir Tanpa Judul sesuai dengan yang Anda inginkan. Misalkan "Form Kirim Tugas Online" dibawahnya ada deskripsi bisa di isi dengan "Silahkan Lengkapi Isian di Bawah"

3) Pada Pertanyaan Tanpa Judul Bisa diisi sesuai keperluan juga. Misal Nama Tugas. Disebelah kanan ada tanda segitiga klik disana akan ada beberapa pilihan disini dicontohkan dengan mengklik Jawaban Singkat karena yang diperlukan hanya Nama Tugas. Untuk Jawaban Panjang bisa dipilih Paragraf.

4) Untuk menambahkan Opsi lagi klik tanda plus yang ada paling kanan. Opsi selanjutnya akan di tambahkan pilihan Mata Pelajaran. Onklik pilih tarik turun (yang lain juga bisa). Pada Opsi saya tambahkan Mapel Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, IPS, dan Pkn. Untuk menambahkan Opsi klik tambahkan Opsi.

5) Lima klik tambahkan lagi Nama Siswa. Caranya sama seperti point 3. dan Pilihan Kelas juga sama caranya seperti point 4

6) Berikutnya lima klik tambahkan lagi pertanyaan dengan mengklik tanda + di pilihan paling kanan dengan pertanyaan "Jawaban Tugas" dan pilihan yang digunakan adalah Paragraf supaya bisa dibuat lebih banyak tulisan.

7) Catatan : Jika memang isian itu wajib harus diisi jangan lupa untuk meng on kan pada menu wajib isi yang terletak disebelah kanan bawah dari opsi. Opsi itupun juga bisa Bapak / Ibu pindahkan susunannya sesuai keperluan.

Langkah terakhir adalah mempublikasikan form yang sudah dibuat tadi. Caranya adalah : dengan mengklik tombol Kirim pada menu dikanan atas. Disana akan ada tiga pilihan yaitu : Kirim Email, Tautan, dan Sematkan HTML.

Kirim Email artinya Bapak / Ibu bisa mengirimkan form yang sudah dibuat ke orang-orang tertentu dengan mengisi alamat email yang dituju.

Tautan artinya Alamat yang bisa digunakan untuk menuju ke form yang sudah dibuat. Bisa disebarkan kepada siswa supaya bisa mengisinya atau di letakkan pada blog Bapak / Ibu untuk diisi dengan mengkopi tautan yang sudah ada disana. Bapak / Ibu juga bisa memperpendek tautan tersebut.

Sematkan HTML artinya Bapak / Ibu juga bisa menyematkan di blog baik di widget maupun di laman yang dikelola.

Dengan aktivitas seperti itu Bapak / Ibu bisa menumbuhkan aktifitas belajar bagi anak. Tidak hanya disekolah harus belajar. Dimanapun bisa dilakukan yang jelas ada koneksi internet di dalamnya. Jadi IT yang berkembang pesat saat ini bisa kita manfaatkan ke hal-hal yang positif. Tidak hanya sibuk dengan facebokan, twitteran, bbm an, atapun yang lainnya.

Selamat berkarya Bapak / Ibu guru sebagai pendidik generasi muda untuk menjadi yang lebih baik. Form kirim tugas online tidak harus sama seperti yang di paparkan di atas. Buatlah sesuai keperluan Bapak / Ibu di dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa.

Disamping form untuk tugas online, google from juga bisa dimanfaatkan untuk kuis interaktif  bagi para siswa. Namun tidak dibahas disini. Itu akan dibahas pada postingan selanjutnya. Jadi tunggu saja kisahnya.

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.
EmoticonEmoticon