Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi PKG Guru SD Model Kompetensi Perdirjen 2626 Tahun 2023

Dalam Peraturan Direktur Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Model Kompetrensi Guru adalah deskripsi pengetahuan, keterampilan, dan perilaku dari Kompetensi Teknis Guru yang diperlukan dalam melaksanakan tugas profesi.

Model Kompetensi Guru disusun sesuai dengan jenjang jabatan fungsional Guru ASN. Jenjang jabatan fungsional Guru ASN terdiri atas: Ahli Pertama; Ahli Muda; Ahli Madya; dan Ahli Utama yang memuat:

  • kompetensi;
  • level kompetensi;
  • deskripsi; dan
  • indikator perilaku.

Kompetensi yang dimaksud adalah :
  • Kompetensi Pedagogik
  • Kompetensi Kepribadian
  • Kompetensi Sosial dan,
  • Kompetensi Profesional
Kmmpetensi Pedagogik yang dinaksud adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik. Kompetensi Kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik. Kompetensi Sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar, dan Kompetensi Profesional adalah kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam.


Dalam pengukurannya nanti pada setiap kompetensi terdapat level-level yang harus diperhatikan. Adapun levelnya adalah:
a. Level 1, penguasaan kompetensi tingkat paham;
b. Level 2, penguasaan kompetensi tingkat dasar;
c. Level 3, penguasaan kompetensi tingkat menengah;
d. Level 4, penguasaan kompetensi tingkat mumpuni; dan
e. Level 5, penguasaan kompetensi tingkat ahli.

Dari setiap level yang ada juga ada deskripsi yang harus diperhatikan sebagai tindal lanjut perbaikan kedepannya. Lebih lengkap untuk memahami model kompetensi tersebut dapat di download pada tautan yang disediakan:

Perdirjen Nomor 2626//B/HK.04.01/2023 [ Open ]

Sedangkan untuk memudahkan Kepala Sekolah untuk melakukan Penilaian Guru dari model Kompetensi yang dipersyaratkan dapat pula menggunakan aplikasi PKG yang admin buat. Berikut dapat didownload pada link dibawah:

Aplikasi PKG Guru Model Kompetensi 2626 : [ Open ]
Mungkin banyak hal yang masih belum tepat dan sempurna aplikasi yang admin buat, saran dan masukan sangat admin harapkan pada kolom komentar atau di chat langsung:

Posting Komentar untuk "Aplikasi PKG Guru SD Model Kompetensi Perdirjen 2626 Tahun 2023"