Cara Tarik PTK Online atau Mutasi dari Server ke Aplikasi Dapodik

Di awal terbitnya penggunaan pendataan melalui aplikasi dapodik untuk memindahkan data PTK  akibat dari adanya mutasi dilingkungan Kabupaten masing-masing terutama untuk pegawai dan atau guru SD masih harus entri data satu persatu. Itu tentu membuat pekerja yang sebagai operator harus mengisi data mulai dari awal lagi apalagi yang golongannya sudah IV.a pastinya memiliki banyak SK.

Nah dengan adanya pembaharuan seperti sekarang ini para operator dapodik jadinya di ringankan tugas-tugasnya. Sebab sekarang jika ada guru yang datang akibat mutasi operator bisa melakukannya dengan Tarik PTK secara online.

Bagi yang belum tahu seperti apakah teknis melakukan tarik PTK online mari kita simak langkah-langkahnya satu-persatu.



Tentunya anda harus menuju ke alamat
http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
Selanjutnya perhatikan sidebar sebelah kiri bisa dilihat No. 3 dari bawah ada tulisan Login Operator Sekolah klik disana Anda akan dialihkan ke halaman login, yang perlu dimasukkan adalah username, password, dan bisa kode registrasi sesuai apa yang Anda lakukan di dapodik.

Begitu Anda berhasil login serta server tidak dalam keadaan darurat maka akan di bawa ke halaman utama dari tarik PTK tersebut. Akan tampak diatas ada 6 menu navigasi (Sekolah, Sarpras, PTK Aktif, Rombel, Siswa Aktif, dan Sinkronisasi)

Tetapi sebenarnya bukan itu yang Anda tuju jika ingin melakukan tarik PTK. Cobalah dilihat sidebar sebelah kiri tarik turun jika belum terlihat disana akan ada pilihan menu Tarik PTK seperti pada gambar di atas. Silahkan  pilih sesuai tujuan tadi.

Langkah berikutnya adalah Anda akan menemukan halaman disana ada 2 form berjajar paling atas yaitu Sekolah Asal dan Sekolah Tujuan. Yang harus disesuaikan adalah Sekolah Asal ( Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan, Sekolah) Klik Cari PTK.

Sebagai catatan ini akan tampak guru/pegawai yang Anda cari jika yang bersangkutan sudah dikeluarkan dari Dapodik asalnya dan sudah melakukan sinkronisasi. Jika belum lakukanlah komunikasi dengan yang bersangkutan.

Langkah terakhir adalah melakukan konfirmasi terhadap PTK yang Anda cari tadi. Dan Anda pun harus melakukan sinkronisasi juga supaya data PTK yang bersangkutan juga bisa masuk ke Aplikasi Dapodik. Jika Suskses maka Selamat Anda sudah bisa melakukan dengan benar.

SELAMAT BEKERJA REKAN OPERATOR

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel