Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Format Daftar Nilai Penilaian Sikap Kurikulum 2013

Selain format daftar nilai pengetahuan dan keterampilan kurikulum 2013 yang sudah admin bagikan kali ini admin juga akan membagikan format daftar nilai penilaian sikap untuk sekolah penyelenggara kurikulum 2013. Dalam format penilaian sikap ini sudah sinkron juga dengan aplikasi rapor yang admin buat. Sehingga dapat memudahkan dalam penginputan nilai.

Format Daftar Nilai K13


Pada format penilaian sikap spiritual terdiri dari 4 sikap yaitu : 1) Ketaatan Beribadah, 2) Berprilaku Syukur, 3) Ber'Doa, 4) Toleransi Bergama. Sedangkan pada Sikap Sosial terdiri dari 6 sikap yaitu : 1) Jujur, 2) Disiplin, 3) Tanggung Jawab, 4) Santun, 5) Peduli, 6) Percaya Diri.

Dari apa yang sudah disebutkan di atas setiap penilaian tertentu disediakan 4 kolom yaitu dari penilaian 1, 2, 3, dan 4, terakhir Skor Akhir (SA). Cara mendapatkan Skor Akhir dari penilaian tersebut adalah dengan melihat modus dari tiap penilaian tersebut. Contoh : Jika pada Sikap Jujur penilaian ke-1 mendapai nilai A, penilaian ke-2 mendapat nilai B, penilaian ke -3 mendapat nilai B, dan penilaian ke-4 mendapat nilai D, maka Skor Akhir yang didapat anak tersebut adalah nilai B. Kenapa B? karena modus (nilai yang paling sering muncul) adalah B. Demikian seterusnya pada penilaian sikap yang lainnya.

Selaian menggunakan A, B, C, D bisa juga digunakan dengan angka 4, 3, 2, 1. Nilai A atau 4 (Sangat Baik), Nilai B atau 3 (Baik), Nilai C atau 2 (Cukup), dan Nilai D atau 1 (Perlu Bimbingan). Dengan analogi yang sama pada contoh penilaian di atas jika anak pada setiap penilaiannya mendapat 4, 3, 3, 1, maka Skor Ahir anak tersebut adalah 3 atau Baik. Ingat!! Tidak di rata-ratakan menjadi 4 + 3 + 3 + 1 = 11, lalu 11 : 4 = 2,75 ====> ( Ini adalah keliru).

Berikut link unduhan format penilaian sikap :

Format Daftar Penilaian Sikap Kurikulum 2013 Unduh disini

Dapatkan pula Format Daftar Nilai Pengetahuan dan Keterampilan disini dan Aplikasi Rapor K 13 disini

10 komentar untuk "Format Daftar Nilai Penilaian Sikap Kurikulum 2013"

  1. Trims utk informasi atau contoh penilaian K13 .

    BalasHapus
  2. Terimakasih, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Terima kasih informasinya, ingin bertanya untuk penilaian sikap jika ada 2 sama nilai modusnya misal nilainya 4, 4, 3, 3 diambil bagaimana ya?

    BalasHapus
  4. Terima kasih , sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  5. mas kenapa tahun pelajarannya tidak bisa diubah?

    BalasHapus

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.