Belajar Siswa Perlu di Tune Up dalam Permainan Matematika SD

Siswa adakalanya akan merasa jenuh dalam menerima pembelajaran. Apalagi masih kurangnya pemahaman guru tentang model-model pembelajaran yang bisa di manfaatkan. Bisa di bayangkan kan bagaimana nanti hasil belajar siswa jika apa yang diharapkan sebagai seorang guru tidak terpenuhi sesuai harapan.

Untuk itu salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan Tune Up kepada siswa. (haha kayak mobil aja di tune up).

Analog seandainya kita memasak soto ayam, alat yang kita pakai seperti panci tidak di bersihkan dipakai lagi untuk memasak kue. bisa jadi rasanya kue rasa soto demikian juga para siswa sehabis belajar matematika jika otaknya tidak di bersihkan di pakai lagi belajar PKn nantinya yang ada di otak siswa PKn rasa matematika. Untuk itu perlu dibersihkan atau di Tune Up, Nah bagaimana caranya?

Yang paling mudah bisa di lakukan adalah berdoa, selain itu juga bisa bernyayi atau permainan - permainan kecil yang bisa menyegarkan otak siswa. Disini onklikbaca perkenalkan Permainan Matematika sekiranya siswa bisa lebih segar untuk melaju ke pembelajaran berikutnya:

PERMAINAN MATEMATIKA SD MENEBAK UMUR

Andai kata kita akan menebak umur seseorang umurnya 60 tahun ke bawah. Susunlah bilangan-bilangan 1,2,3,...,60 itu dalam 6 kartu sebagai berikut:

permainan menebak umur

Mintalah orang yang akan di tebak umurnya itu meneliti bilangan-bilangan yang tertulis pada kartu-kartu itu. Dan supaya ia mengatakan "ya" seandainya umurnya tercantum pada kartu-kartu itu, dan mengatakan "tidak" seandainya umurnya tidak tercantum.

Andaikan ia mengatakan "ya" untuk kartu-kartu bernomer I, III, dan V. Maka umur orang itu adalah 21 tahun.

Ini diperoleh dengan cara menjumlahkan bilangan-bilangan pada sudut kiri atas dari setiap kartu yang ia sebutkan "ya" yaitu 1 + 4 + 16 = 21. Sedangkan untuk menebak umur-umur yang lain juga dilakukan sedemikian rupa dengan paparan di atas tadi.

Artikel terkait : Konsep Hitung Pembagian Pecahan

Demikian sekiranya semoga bermanfaat dalam mengkondisikan kondisi pisikologis anak dengan permainan matematika menebak umur.

Diharapkan agar dalam pembelajaran peserta didik tidak terasa membosankan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel