Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Bali Kurikulum Merdeka Nomor: B.31.434/37404

Kemampuan berbahasa, bersastra, dan beraksara serta berpikir merupakan fondasi dari kemampuan literasi. Semua bidang kajian, bidang kehidupan, dan tujuan-tujuan sosial menggunakan kemampuan literasi. Literasi menjadi kemampuan sangat penting yang digunakan untuk bekerja dan belajarsepanjang hayat. Dengan demikian, pembelajaran Bahasa Bali merupakan pembelajaran literasi untuk berbagai tujuan berkomunikasi dalam konteks sosial budaya Bali pada khususnya, tanpa mengesampingkan aspek numerasi. Kemampuan literasi dan numerasi dikembangkan ke dalam pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara, dan mempresentasikan untuk berbagai tujuan berbasis genre yang terkait dengan penggunaan bahasa, sastra dan aksara Bali dalam kehidupan.

Setiap genre memiliki tipe teks yang didasarkan pada alur pikir-struktur-khas teks tertentu. Tipe teks merupakan alur pikir yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahasa, sastra dan aksara Bali untuk bekerja dan belajar sepanjang hayat.

Model utama yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Bali adalah pedagogi genre. Model ini memiliki empat tahapan, yaitu: penjelasan untuk membangun konteks (explaining, building the context), pemodelan (modelling), pembimbingan (joint construction), dan pemandirian (independent construction). Di samping pedagogi genre, pembelajaran Bahasa Bali dapat dikembangkan dengan model pembelajaran berbasis projek dan model-model lain sesuai dengan pencapaian pembelajaran tertentu.

Pembinaan dan pengembangan kemampuan berbahasa Bali akan membentuk Profil Pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berpikir kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global. Rasional sebagaimana diuraikan di atas dapat diilustrasikan pada Gambar 1 di bawah ini:

CP Bahasa Bali

Tujuan Umum Pembelajaran Bahasa Bali

Mata pelajaran Bahasa Bali bertujuan untuk membantu peserta didik mengembangkan diri menjadi individu yang:
  1. Berahlak mulia dengan menggunakan Bahasa Bali dalam berkomunikasi secara efektif, efisien dan santun sesuai tata krama, baik lisan maupun tulisan.
  2. Menghargai dan bangga menggunakan Bahasa Bali sebagai bahasa ibu (mother of tongue) dan memperkaya khasanah Bahasa Nasional.
  3. Mampu berbahasa Bali dengan tepat dan kreatif dalam berbagai teks multimodal (lisan, tulis, visual, audio, audiovisual) untuk berbagai tujuan dan konteks.
  4. Menggunakan bahasa Bali untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi dalam belajar dan bekerja serta kematangan emosional dan sosial.
  5. Memanfaatkan dan mengimplementasikan karya sastra Bali untuk memperluas wawasan serta membentuk profil pelajar Pancasila :beriman, mandiri, kritis, kreatif, gotong royong dan kebhinekaan global.
  6. Menghargai dan mengapresiasi bahasa, sastra dan aksara Bali sebagai budaya lokal dan hasil intelektual masyarakat Bali.

Selengkapnya tentang CP (Capaian Pembelajaran Bahasa Bali Kurikulum Merdeka bisa di unduh pada link berikut [ Open ]

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Bali Kurikulum Merdeka Nomor: B.31.434/37404"