Membuat Blog untuk Guru sebagai Media Pembelajaran Online

Dengan pesatnya perkembangan untuk menjadikan guru yang lebih profesional penggunaan/penguasaan IT menjadi salah satu faktor yang harus dikuasai. Dalam perjalanannya kesan guru Gagap Teknologi yang di istilahkan guru Gaptek haruslah dihilangkan. IT tidaklah menjadi barang berat asalkan dalam hati ada kemauan untuk mendalaminya.

Sama halnya dulu seperti facebook, dimana peruntukannya seolah-olah hanya untuk anak-anak muda, yang tua ya sudahlah.  Cobal lihat  sekarang tentu tidak bukan. Facebook bisa dimanfaatkan sebagai media informasi yang sangat cepat. Di kalangan kepemerintahan atau perusahaanpun banyak menggunakan media sosial seperti facebook untuk menyampaikan informasi bahkan dengan membuat group tertentu.

Guru sebagai garda terdepan dalam memajukan sebuah bangsa hendaklah IT tidak menjadi momok. IT haruslah dapat di manfaatkan dengan tepat. Salah satu guru dapat memanfaakan blog sebagai media pembelajaran online atau pembelajaran berbasis elearning yang pembuatannya gratis seperti media soaial lainnya. Para siswa bisa belajar dengan berbasis web dari setiap post yang diterbitkan. Pengumpulan tugas, kuis atau soal interaktif bisa dibuat pada blog.

Bagi para guru yang punya keinginan untuk membuat blog berikut panduannya :

Pertama : yang harus dipersiapkan adalah email, tapi email dari gmail biar tidak usah daftar lagi ke akun google. contoh (onklikbaca@gmail.com). Sedangkan cara membuat akun gmail tidak di bahas disini. Silahkan klik cara membuat email di gmail

Kedua : Siapkanlah Judul blog yang sesuai dengan topik yang akan dibuat pada blog Bapak/Ibu (ini sangat penting untuk spesifikasi dalam pebuatan konten blog nanti)

Ketiga : siapkan Alamat blog tentunya alamat yang digunakan juga berhubungan dengan Judul Blog. Tapi kalau mau membuat secara personal bisa digunakan nama Bapak/Ibu dengan menambahkan kata unik di belakang atu di depannya. Contohnya . santiblogger.blogsport.com

Limaklik asumsikan bahwa Bapak/Ibu sudah punya akun gmail :

Bukalah www.blogger.com bisa saja dari sini. Akan tampil halaman depan dari blogger langsung aja klik create blog, masukkan email yang Bapak/Ibu sudah persiapkan ------> berikutnya, masukkan passwordnya.------> masuk. lihat gb
Membuat blog untuk guru sebagai media pembelajaran online

Setelah terbuka seperti gb. di atas isilah sesuai yang sudah disiapkan sebelumnya. Kolom judul isi sesuai keinginan Bapak/Ibu. Pada kolom alamat juga di isi sesuai yang sudah disiapkan. Untuk kolom alamat begitu Bapak/Ibu mengisinya akan ada pemberitahuan di bawahnya apakah alamat blog Bapak/Ibu bisa diterima apa tidak. Jika tidak maka pilihlah alternatif lain yang masih mirip dengan alamat Bapak/Ibu yang sudah disiapkan. Lanjut pilih template sesuai dengan keperluan dan keinginan pengguna blog. Jika sudah ketemu yang pas pilih terapkan.

Selamat Blog Bapak/Ibu sudah jadi.

Baca Juga : Cara membuat tabel responsive


Untuk mengatur desain template Bapak/Ibu bisa menuju pada tata letak blog yang telah dibuat. Didalam page tata letak tersebut dapat dengan mudah untuk mengatur atau mengubah beberapa hal seperti : header, label, postingan blog, gadged dan lain sebagainya. Untuk melihat perubahan sementara pada blog dapat dilakukan dengan mengklik tombol pratinjau.

Lima klik sarankan untuk template sebaiknya beli atau bisa cari yang gratisan, ada banyak penyedia template gratis yang dapat digunakan. Kalau pakai template bawaan blogger sepertinya kurang profesional keliatan, apalagi bagi pemula tentu akan perlu kerja keras untuk memodivikasi template agar pas. Boleh dikatakan wajah dari blog adalah terletak pada templatenya.

Begitu Pengaturan template selesai, Barulah Bapak/Ibu mengisi konten blog salah satunya dengan membuat entri post. Disinilah tulisan Bapak/Ibu dimuat yang nantinya akan tampil setiap ada orang yang mengklik alamat blog Bapak/Ibu. Buatlah tulisan yang menarik dan yang bermanfaat bagi para pembaca nantinya atau bagi para siswa yang Bapak/Ibu arahkan untuk pembelajaran berbasis elearning.

Demikianlah tips dari limaklik.com semoga ada manfaatnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "Membuat Blog untuk Guru sebagai Media Pembelajaran Online"

  1. Iya ya benar sekali. Idealnya guru itu memiliki blog. Sayang sekali ilmu dan inspirasinya jika tidak ditebar, khususnya di internet. :)

    BalasHapus

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel