November 10, 2016

Bila Anda Kurang Tidur Hindari 6 Hal Ini

Kurang tidur tak hanya akan membuat Anda merasa lelah/capek, tapi juga menyebabkan mood berantakan, lapar, dan pelupa.

Mendapatkan tidur malam yang cukup sudah tentu akan  mendatangkan banyak manfaat sehat, salh satunya adalah dapat meningkatkan ingatan, dan mencegah Anda dari kondisi tidak terduga seperti kecelakan, atau serangan jantung.

Tidur memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh kita karena pada saat tidur pikiran menjadi lebih rileks tubuhpun akan merawat kesehatan fisik dan mentalnya. Fungsi ini sangat penting agar Anda juga mendapat kesegaran saat bangun dari tidur, sehingga selanjutnya siap menjalani berbagai aktivitas sehari-hari.

Selain itu, dengan tidur yang cukup juga akan dapat menunjang pertumbuhan, terutama pada usia anak dan remaja, karena pada saat tidurlah hormon pertumbuhan dikeluarkan dan bekerja.

Bila anda kurang tidur hindari 6 hal ini

Ada hal-hal penting yang sebaiknya Anda harus hindari ketika kurang tidur, seperti yang dimuat pada laman Huffingtonpost, Senin (29/9/2016) berikut :


1. Menyetir

Anda tidak dianjurkan untuk menyetir setelah mengkonsumsi minuman yang ber-alkohol. Saran yang sama juga berlaku untuk Anda yang kurang tidur. Dalam study yang dilakukan pada 2012, peneliti menemukan pengemudi yang mengantuk atau mabuk akan  beresiko 2 x lipat mengalami kecelakaan.


2. Membuat Keputusan Penting

Dalam study 2011, peneliti mengamati adanya peningkatan aktivitas di areal otak yang berkaitan dengan hasil positif setelah seseorang mengalami kurang tidur. Selain itu ada juga penurunan aktivitas di areal otak yang memberikan hasil negatif. Pointnya adalah, kurang tidur dapat berpotensi membuat Anda mengambil keputusan yang keliru karena dipicu rasa optimis yang berlebihan dan kurang realis.


3. Belanja Bulanan

Jika Anda disarankan agar tidak berbelanja makanan dalam keadaan lapar, hal sama juga berlaku apabila Anda kurang tidur. Study 2013 menunjukkan individu yang kurang tidurnya membeli lebih banyak makanan yang berkalori tinggi dibanding saat mereka berbelanja dalam keadaan cukup tidur.


4. Belanja Online

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kurang tidur akan berdampak pada kemampuan Anda untuk mengambil suatu keputusan yang dapat memicu kondisi implusi. Oleh sebab itu Anda tidak disarankan untuk berbelanja online jika Anda memang mengalami kurang tidur pada malam harinya.


5. Minum-minuman Berenergi

Benar, Anda mungkin mudah merasa lelah saat kurang tidur. Namun, aktivitas singkat seperti halnya jalan kaki, berolahraga ringan, atau tidur siang sudah cukup untuk mengatasi akibat dari kurang tidur.
Beberapa aktivitas tersebut bisa dikatakan merupakan pilihan yang jauh lebih bagus dibandingkan Anda mengkonsumsi minuman berenergi yang kaya akan gula dan berisi zat tidak dikenal lainnya. Selain itu, beberapa minuman yang berenergi hanya mengandung sedikit cafein, terutama bila dibanding dengan secangkir kopi biasa.


6. Bertengkar

Pagi hari dimana setelah Anda mengalami kondisi kurang tidur bukanlah waktu yang bagus untuk melakukan pembicaraan hal-hal yang bersifat serius dengan pasangan Anda. Alasannya adalah Anda akan merasa sangat emosional akibat dari kurang tidur Anda serta tidak dalam mood yang baik. Study 2007 juga yang terkait dengan hal tersebut menunjukkan kondisi otak individu yang kurang tidur 60 % lebih reaktif padahal negatif dan mengganggu.

Demikian Infonya semoga ada manfaatnya bagi pembaca jika anda kurang tidur karena banyak aktifitas yang sudah dilakukan pada hari siang bahkan sampai malam.

Jaga kesehatan anda baik-baik. Kesehatan lebih penting dari segala-galanya. "Salam Sehat"

Sumber : liputan6.com (29082016)