Permainan Matematika yang Menyenangkan dalam Mencari KPK dan FPB

Kali ini lima klik akan berbagi tentang bagaimana cara mencari KPK dan FPB dengan konsep permainan yang menyenangkan.

Apa itu KPK?

Seperti yang sudah kita kenal KPK itu adalah Kelipatan Persekutuan Terkecil. Berbicara tentang persekutuan tentulah minimal harus ada 2 bilangan yang akan di cari sebagai persekutuaanya. Dari  persekutuan itu yang terkecillah disebut sebagai KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil)

Manfaat belajar KPK?

Dalam kehidupan sehari - hari seringkali kita jumpai permasalahan terkait kelipatan atau suatu kasus yang dapat diselesaikan dengan KPK. Sebagai contoh : Untuk mengetahui jadwal kegiatan antara Anda dan teman Anda mungkin. Kapan bisa bertemu bersama lagi?

Misal : Dalam suatu kegiatan ekstrakurikuler renang. Wayan dan Made ditentukan punya jadwal sendiri oleh pelatihnya. Pada hari pertama mereka berdua memang bersama-sama dalam kegiatannya.

Tapi setelahnya ditentukan dengan jadwal masing-masing yaitu Wayan di beri jadwal 4 hari sekali sedangkan Made 6 hari sekali. Jika hari pertama mereka bersama pada hari minggu, hari apa lagikah mereka akan berenang bersama lagi?

Disini bisa dibuat suatu cara yang menyenangkan agar permasalahan tersebut bisa di atasi:

Cara Mencari KPK dan FPB

Coba perhatikan tabel di atas untuk mencari KPK dari dua bilangan tersebut!

Untuk menyelesaikan permasalahan di atas bisa dilakukan dengan menggunakan tabel tersebut. adapun langkah-langkahnya

Tentukan kelipatan dari 4 dan 6 terlebih dahulu
Kelipatan 4 adalah 4, 8, 12, 16, 20, 24, 28, 32, 36,…dst
Kelipatan 6 adalah 6, 12, 18, 24, 30, 36, 42, …dst

Beri tanda yang berbeda ; kelipatan – kelipatan tersebut pada table angka. Untuk kelipatan kelipatan lingkari angkanya dengan warna biru dan kelipatan-kelipatan 6 gunakan segitiga berwarna merah

Perhatikan angka yang mempunyai 2 simbol sekaligus, itulah kelipatan persekutuannya. Dari persekutuan yang di dapat yang terkecilah disebut sebagai KPK. Maka mereka akan bertemu lagi bersama pada KPK yang telah didapat.

Dengan demikian anak akan merasa lebih menyenangkan untuk mencari permasalahan lainnya yang tentunya juga akan dapat menguatkan konsep matematikanya.

Sedangkan untuk FPB juga bisa dilakukan dengan cara yang sama seperti di atas dengan menentukan faktor-faktor terlebih dahulu.

Yang paling penting dalam permasalahan FPB adalah mempunyai ciri khas yaitu terdapat kata "paling banyak" atau Maksimal" pada pernyataanya.

Baca juga Konsep Pembagian Pecahan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel