Cara Buat Bunga Mawar dari Wortel Cukup dengan 6 Langkah saja

Limaklik.com : Seni Budaya dan Keterampilan  pada kurikulum KTSP 2006 bisa di bilang gampang-gampang susah. Gampangnya mungkin anda bisa menyesuaikan sesuai dengan keadaan lokal di daerah sekitar. Tetapi susahnya adalah ketika ingin menyesuaikan sesuai dengan kurikulum yang ada. Permasalahannya adalah ketika guru tidak menguasai keterampilan yang harus diberikan .

Dalam mata pelajaran SBK ada 4 keterampilan yang harus dikuasi yaitu : Seni Musik, Seni Tari, Seni Rupa,  dan juga Keterampilan. Jika dihitung pada semester satu ada 8 KD begitu juga pada semester dua ada 8 KD juga.

Bidang seni rupa, musik, tari, dan keterampilan memiliki kekhasan tersendiri sesuai dengan kaidah keilmuan masing-masing. Dalam pendidikan seni dan keterampilan, aktivitas berkesenian harus menjadi wadah kekhasan seni tersebut yang tertuang dalam pemberian pengalaman dalam mengembangkan apresiasi, konsepsi, dan kreasi. Semua ini tentu diperoleh dengan melalui berbagai upaya seperti prinsip, proses, eksplorasi elemen,  dan teknik berkarya dalam konteks budaya masyarakat yang beraneka ragam dari Sabang sampai Merauke.

Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki peranan dalam pembentukan pribadi/watak siswa-siswa yang harmonis dengan memperhitungkan kebutuhan perkembangan siswa dalam mencapai multi kecerdasan yang terdiri atas kecerdasan interpersonal, intrapersonal, visual spasial, linguistik,  logik matematik, musikal, naturalis serta kecerdasan kreativitas, kecerdasan adversitas, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan emosional.

Baiklah bagi para Pengajar di seluruh Indonesia yang masih bingung mencari bahan ajar untuk SBK / SBDP bisa dicoba tips nya :  cara membuat bunga mawar dari wortel

Berikut langkah-langkahnnya:
  1. Pilihlah buah wortel yang besar dan lurus
  2. Potong ujung-ujung wortel, ambil bagian tengah. Bagian atas ukir kotak-kotak lihat gambar untuk benang sari. Bagian pinggir potong bergelombang, lalu iris-iris tipis badan wortel
  3. Sekarang kita iris tipis wortel dalam bentuk bulat, lalu tengahnya potong setengah lingkaran, ini untuk kelopak bunga
  4. Ambil wortel yang sudah dibentuk (gambar.2), kemudian mulai susun irisan wortel (gambar.3)
  5. Irisan wortel yang sudah tersusun
  6. Sesudah itu, rendam dalam air agar supaya wortel tersebut mekar seperti bunga mawar, baik untuk hiasan nasi tumpeng
Demikianlah tipsnya. Bagaimana mudah tidak? "Selamat Mencoba"
Mau mencari soal SBK langsung saja menuju ke Soal SBK/SBDP Kelas 6

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Komentar untuk "Cara Buat Bunga Mawar dari Wortel Cukup dengan 6 Langkah saja"

  1. weeh,,gambarnya macam2 yah ^^
    salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mabk herlyn. masih belajar perlu belajar banyak dari para master

      Hapus
  2. Balasan
    1. Itu langkah permulaan yang masih sederhana sekali

      Hapus

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel