December 23, 2016

5 Tips Mudah Mengatasi Anak Malas ke Sekolah Usai Liburan

Setiap enam bulan sekali para siswa pastinya akan mendapat waktu liburan. Apalagi jika ketika para siswa habis menerima laporan pendidikan. Libur panjang selama sebulan sudah tentu didapatkan sesuai dengan kalender pendidikan yang sudah-sudah.

Walaupun di beberapa sekolah mungkin tidak menerapkan ful libur setidaknya para siswa juga akan senang menikmati masa liburan. Ada yang menikmati bersama keluarga atau mungkin berwisata ke tempat-tempat tertentu. Lihat juga bagaiman  Tips mengisi liburan sekolah agar bermanfaat.

Tetapi terkadang dalam mengisi waktu liburan anak adakalanya memiliki kecendrungan untuk kesekolah pertama kalinya sesuai liburan. Mungkin saja bisa disebabkan karena memang saking asyiknya bermain dirumah. Para orang tua pun akan merasa cemas untuk mengatasi permasalahan itu.

Cara mengatasi anak malas ke sekolah usai liburan

Dalam hal ini disini dibagikan beberapa tips yang bisa dijadikan acuan untuk mengatasi anak malas sekolah usai liburan.


Yuk kita simak :

1. Sediakan waktu istirahat yang cukup

Setelah diajak berkeliling liburan anak mungkin merasa terlena terhadap hari-harinya yang diisinya dengan bermain. Untuk itu ketika masa liburan akan segera berakhir ada kalanya anak harus diberikan istirahat yang cukup.

Seperti waktu tidur harus di biasakan kembali. Jangan sampai tidurnya terlalu malam karena nonton TV atau bermain game di depan layar kaca.

Begitu juga sebaliknya di saat bangun mulailah kembalikan lagi kebiasaannya supaya bisa bangun pagi-pagi.

2. Siapkan perlengkapan sekolah

Sebelum usai liburan rangsanglah anak dengan pernak-pernik peralatan sekolah yang baru seperti : kotak pensil, tas, sepatu atau yang lainnya. Jelasnya dalam sekolah nanti ada sesuatu yang baru yang bisa ditunjukkan kepada temannya.

3. Ingatkan lagi pelajaran di sekolah

Kadang selama liburan anak lupa akan tugasnya untuk belajar. Jadi mulailah ingatkan kembali anak untuk  belajar. Walaupun tak ada pekerjaan rumah setidaknya anak bisa membaca buku-buku pelajaran yang sudah dimiliki

4. Antarkan anak ke sekolah

Anak akan merasa lebih dan diperhatikan jika saat pertamanya ke sekolah bisa diantarkan oleh orang tuanya ke sekolah. Dia pun mungkin akan bercerita pada teman-temanya mengenai liburan sekolahnya.

5. Bawakan menu bekal ke sekolah yang spesial

Jika memungkinkan bawakan anak bekal yang menjadi kesukaan / paporitnya sebagai kejutan bahwa selaku orang tua sangat menyayangi mereka.

Dengan menerapkan ke lima tips diatas semoga saja anak Bapak / Ibu tidak malas lagi untuk sekolah ketika liburan sudah usai.