January 2, 2017

Jadwal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017

Akhirnya dengan berbagai pertimbangan yang dilakukan oleh pemerintah dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ujian Nasional ( UN ) maupun Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tetap dilaksanakan.

Dari sumber Kemdikbud.go.id dalam pelaksanaan tahun 2017 ini akan memperluas ujian dengan berbasis komputer yang akan dijadwalkan pada bulan April sampai dengan Mei tahun 2017.

Untuk UN SMP/MTs di rancang dua gelombang sebagai solusi terbatasnya persedian computer. Gelombang I (pertama) akan berlangsung tanggal 2 sampai dengan 4 Mei dan 15 Mei tahun 2017, sedangkan gelombang II (kedua) akan dilaksanakan tanggal 8 sampai dengan 10 Mei dan 16 Mei tahun 2017.

Untuk UN SMK/MAK dilaksanakan mendahului yaitu pada tanggal 3, 4, 5, dan 6 April tahun 2017. Sedangkan untuk SMA/MA dilaksanakan tanggal 10, 11, 12, dan 13 April tahun 2017.

Lebih mudahnya bisa di lihat jadwal ujian nasional pd gambar dibawah :


Dengan sudah ditetapkannya Jadwal Ujian Nasional untuk setiap masing-masing sekolah tentunya bagi para pendidik dan siswa yang berkepentingan haruslah sudah siap-siap untuk menghadapi dua pilihan yaitu keberhasilan ataukah kegagalan.

Dalam hal ini ada sedikit tips yang mungkin bisa dilakukan.

Bagi pendidik :
  • Penyampaian materi yang ada sesuai kurikulum yang digunakan harus sudah tuntas sebelum ujian berlangsung.
  • Harus tahu kisi-kisi soal yang akan digunakan dan mencoba menerapkan dengan latihan soal – soal sesuai kisi – kisi soal tersebut. Kisi-kisinya bisa di lihat di  : Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017.
Bagi para siswa: 
  • Harus rajin berlatih soal-soal dan mengerti pengembangan dari setiap soal itu. Dalam hal ini siswa tidak hanya sebatas menjawab soal-soal tersebut tapi cobalah di maknai lebih luas sehingga pemahaman bisa lebih dalam.
  • Tidak mengandalkan dari satu sumber belajar, tapi harus mencari sumber-sumber lain missalnya adalah internet yang merupakan salah satu sumber yang paling mudah.
  • Lakukan belajar kelompok sesering mungkin, adakan tanya jawab dengan berbagai argumen penguatan ini akan melatih daya nalar kita berpikir.
  • Tentunya harus menguasai IT bisa di coba dengan mengerjakan latihan-latihan ujian online yang bisa dapatkan dari internet.
  • Terakhir tentunya berdoa karena apa yang kita sudah usahakan Tuhan adalah penentu segalanya.
Jadi demikian sekiranya bisa menjadi penyemangat bagi para pendidik dan siswa yang akan menghadapi ujian nasional sebentar lagi.