Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap

Silabus yang merupakan turunan ke dua setelah kurikulum sangatlah penting ada di setiap mapel yang ada.

Untuk silabus SD kurikulum 2013 yang revisi 2017 untuk kelas tinggi  terbagi menjadi 3 silabus yaitu Silabus Tematik, Silabus PJOK, dan Silabus Matematika. Untuk yang kelas rendah masih tetap menjadi satu dalam tema.

Sesuai yang terdapat pada Silabus Tematik kurikulum 2013 yang sudah di revisi sesuai permendikbud terbaru bahwa silabus di SD dikembangkan menggunakan model jaring laba-laba dengan memadukan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam satu tema.

Untuk pengembangannya menyesuaikan pada silabus mata pelajaran. Materi pokok menyesuaikan pada kompetensi dasar setiap mata pelajaran. Sedangkan pembelajarannya merupakan gabungan satu tema/subtema untuk semua kompetensi dasar dari muatan mata pelajaran yang diikat dalam satu tema.
SIlabus SD Kurikulum 2013

Adapun alokasi waktu pembelajaran dalam 1 minggu sebagaimana tercantum dalam struktur kurikulum SD adalah : Untuk kelas I 30 jam per minggu, kelas II 32 jam perminggu, kelas III 34 jam per minggu, kelas IV , V, dan VI 36 jam perminggu.

Perincian dari masing jam tersebut adalah untuk kelas I tematik cuma 26 jam sisanya lagi 4 jam Pendidikan Agama. Untuk kelas II tematik hanya 28 jam sisanya 4 jam adalah Pendidikan Agama. Untuk kelas III tematik hanya 30 jam sisanya yang 4 jam Pendidikan Agama.

Khusus untuk kelas tinggi yaitu kelas IV, V, dan VI tematik hanya 22 jam per minggu sisanya PJOK 4 jam, Matematika 6 jam, dan Pendidikan Agama 4 jam.

Untuk silabus matematika dan PJOK kelas tinggi berdiri sendiri karena memang lepas dari tema-tema yang ada. Ruang lingkup dari silabus matematika adalah : Bilangan, Geometri dan Pengukuran, dan Statiska.

Dalam pembelajaran pada mapel matematika hal yang perlu ditekankan adalah 1. Aktifitas belajar di bawah bimbingan guru maupun mandiri. 2. Melatih kemampuan berpikir untuk membuat generalisasi dari fakta, data, dan fenomena yang ada. 3. Melatih keterampilan kemampuan manipulasi matematika untuk menyelesaikan masalah. 4. Melatih penalaran matematika, 5. Pembelajaran berbasis pemecahan masalah.

Untuk silabus PJOK ruang lingkup materinya adalah Gerak dasar, Aktivitas permainan bola besar dan bola kecil, Aktivitas atletik, Aktivitas seni bela diri, Aktivitas pengembangan kebugaran jasmani, Aktivitas senam, Aktivitas gerak berirama, Aktifitas air dan keselamatan diri, dan Kesehatan.

Terkait pembelajaran dalam 4 jam perminggu dapat diatur sebagai berikut :

1. Jika disekolah tidak tersedia/tidak ada guru PJOK , maka pembelajaran dapat dilakukan oleh guru kelas dengan menggunakan pendekatan tematik atau yang lainnya.

2. Jika disekolah terdapat guru PJOK, maka kegiatan pembelajaran dapat dilakukan 2 x pertemuan dalam 1 minggu.

3. Jika di sekolah terdapat guru PJOK dan dilaksanakan pembelajaran tematik, maka guru PJOK dan guru kelas berkolaborasi dengan waktu yang disepakati.

4. Pembelajaran PJOK yang bernuansa pengembangan keterampilan gerak, pembelajaran teori dilaksanakan selama praktik, tidak perlu menyediakan alokasi waktu khusus untuk teori, kecuali pada KD kesehatan.

Demikianlah paparan singkat yang terdapat pada masing-masing silabus revisi 2017. Selengkapnya bisa di cek di bawah.

Silabus SD kurikulum 2013 revisi 2017

Tombol Silabus Tematik
Tombol Silabus Matematika
Tombol Silabus PJOK

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap"

Posting Komentar

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel