February 20, 2018

Cara Input Nilai Raport di Dapodik Dapat dengan 2 cara

Masalah yang dialami operator kadang lupa dalam penginputan nilai raport di dapodik. Saya berbicara begitu berdasarkan dari pengalaman yang memang benar terjadi. Banyak rekan operator yang bertanya pada saya tentang cara penginputan nilai raportnya di dapodik. "Alasannya adalah lupa".

Ada juga yang unik pertanyaanya adalah kenapa tidak menemukan menu simpan ketika sudah selesai menginput nilai rapor pada mapel bersangkutan. Sebelum dijawab saya balik bertanya. Bapak/Ibu mengisinya lewat mana? "Jawabanya adalah melalui login operator.". Ya jelas gak ada kalau begitu cara ngisinya.

Hal itu bisa saja terjadi karena tidak setiap bulan dalam pengisiannya. Itu sudah ditentukan oleh pusat kapan saatnya mengisi dan kapan saatnya di tutup.

Kembali mengingatkan tentang hal itu sebenarnya ada 2 cara yang dapat dilakukan ketika para operator ingin input nilai raport ataupun nilai USBN untuk kelas 6.

Cara pertama adalah melalui login PTK masing-masing. Untuk login PTK masing-masing username dan passwordnya didapat dari dapodik yang sudah di input oleh operator di menu GTK pada ubah akun PTK.

Bagaimana jika lupa? Silahkan melakukan pengisian ulang kembali lanjut sinkronisasi. Ini mungkin tidak langsung bisa digunakan karena semuanya butuh proses. Silahkan dicoba kembali setelah 2 sampai dengan 3 hari setelah sinkronisasi.

Selanjutnya jika sudah bisa login melalui PTK masing-masing para guru yang bersangkutan atau operator bisa langsung mengisinya pada kolom yang sudah disediakan dengan nilai raport yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Selesai satu mapel lanjut simpan agar tidak hilang lagi dan begitu seterusnya sampai semua mapel sudah terinput dengan benar.

Bapak dan Ibu guru beserta operator bisa mengisinya secara bersama-sama dengan terlebih dahulu menerapkan setingan pada laptop/komputer yang berisi aplikasi dapodik. Untuk mengetahui caranya bisa langsung ke Cara Input Data Dapodik Lebih dari Satu Laptop

Cara kedua adalah dengan melakukan export dan impor pada beranda langsung lewat login operator. Menurut saya ini adalah paling mudah, paling cepat, dan paling efektif jika yang mengisi nilai semua dibebankan pada operator.

Langkahnya adalalah : Silahkan menuju ke menu nilai, pilih kelas akan muncul nama mapel, pada mapel silahkan klik 2 kali. Begitu sudah muncul nama-nama peserta didik silahkan klik menu export dan import dengan terlebih dahulu mengunduh format yang sudah disediakan. Lihat gambar menu yang akan di klik!

Cara Input Nilai Raport Dapodik

Ketika sudah berhasil mengunduh setiap mata pelajaran di kelas tersebut silahkan diisi kolom nilai yang sudah disediakan dan jangan lupa mengisi KKM nya yang terletak di atas dekat nilai agar tidak terjadi eror saat import.

Tahap selanjutnya adalah kembali ke menu awal tadi saat mengunduh bedanya sekarang adalah akan melakukan import nilai yang sudah di isi dengan lengkap dengan mengklik import dari excel dan ikuti tahap demi tahap sampai selesai.

Demikianlah cara input nilai raport dapodik sekiranya dapat membantu bagi yang belum bisa ataupun lupa sesaat karena lama tidak dikerjakan. Semoga bisa membantu.

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.
EmoticonEmoticon