December 25, 2017

Cara Input Data Dapodik atau PMP Lebih dari Satu Laptop Menjadi Lebih Cepat

Saling share dan saling bantu adalah hal terindah bagi operator terutama yang menjadi petugas Operator Sekolah (OPS). Semakin berkelanjutan ternyata tuntutan juga selalu ada untuk perbaikan maupun penginputan data baru yang harus dikerjakan.

Seperti data tambahan pemasukan data Eskul maupuan data Nilai Siswa yang mungkin pada semester 2 ini akan segera dirilis oleh dapodik. Tidak menutup kemungkinan ada tuntutan baru lainnya yang mungkin sedang menanti para operator sekolah.

Untuk mengurangi beban itu ataupun untuk antisipasi kedepannya agar pekerjaan menjadi lebih cepat dalam artian kita bisa mengerjakan bersama dengan lebih dari satu laptop / komputer tentu merupakan cara yang patut untuk diterapkan oleh OPS.

Dengan bisa dibukanya aplikasi Dapodik atau PMP Kepala Sekolah ataupun Guru yang lainnya bisa mengecek datanya menjadi lebih baik hanya dengan terconect pada satu server. Sehingga beban operator bisa menjadi lebih ringan apalagi yang menjadi operator adalah sebagai guru juga.

Catatan : Jangan lupa ya OPS juga manusia ... he he he.. butuh tenaga dan pikiran untuk bekerja kerumahpun pekerjaan itu selalu dibawa bahkan ada yang cerita sampai ditiduri laptopnya. Mungkin pacar/istri/suami bisa jadi cemburu....(intermeso dikit). 

Baiklah para rekan operator sekolah penulis akan coba pandu bagaimana cara menseting Laptop Anda menjadi pusat server data yang juga data tersebut bisa di input dari komputer lain. Ini pernah saya coba lakukan di Sekolah lain di Klungkung Dawan sampai berhasil

Dan itu ingin saya tulis disini untuk berbagi pengalaman ataupun paling tidak bisa untuk mengingatkan saya nanti ketika lupa. #savedisini.


Berikut Langkah - langkah cara input data dapodik lebih dari satu komputer atau laptop : 

Siapkan lebih dari satu Laptop / Komputer

Siapkan jaringan wiffi bisa dari wiffi sekolah atau Wiffi Handpone yang akan digunakan sebagai jaringan penghubung antara laptop satu dengan yang lainnya. Jadi harus terhubung dengan jaringan yang sama maksudnya.

Laptop yang dijadikan pusat server sekarang silahkan di setting. Klik control panel cari Network and Internet dibawah nya ada view network status and taks lalu klik akan ada tampilan disebelah kiri change advanced and sharing settings.

  • Network discovery klik Turn on network discovery
  • File ang printer sharing klik Turn on file and printer sharing
  • Public folder sharing klik Turn on sharing so anyone with network access can  ...
  • File sharing connections klik Use 128-bit encryption to help protect file sharing connections
  • Password protected sharing di Turn off kan saja biar tidak megingat paswor terus saat terhubung
  • HomeGroup connections klik allow Windows manage homegroup connectios
  • Selanjutnya klik Save changes untuk menyimpannya

Lakukan juga hal yang sama pada settingan laptop lainnya yang sudah terhubung ke satu jaringan wiffi dengan sama persis seperti langkah di atas.

Selanjutnya ubah juga IP computer yang dijadikan server supaya lebih gampang mengingatnya dengan cara menuju ke menu My Computer yang gambarnya seperti komputer klik kanan cari propertis. Pada Computer name klik Change settings maka akan muncul

  • Pada Computer Name menu Computer description ganti dengan OPERATOR atau yang lainnya
  • Pada rename this computer or change its domain or workgroup klik Change lihat apakah sudah sama dengan yang diganti tadi yaitu OPERATOR untuk Workgroup biarkan saja.
  • Selanjutnya klik OK.
  • Sekarang restartlah semua komputer yang sudah di setting untuk penyegaran karena sudah di oprak-oprek.

Kembali ke settingan selanjutnya yaitu cari control panel lagi cari klik menu System and security pilih menu Windows Firewall sebelah sisi kiri akan ada tampilan pilih Turn Windows Firewall on or of. Silahkan kedua menu yang ada di Turn off kan agar tidak dicegah untuk berkoneksi.

Restart lagi semua komputer yang sudah di setting.

Artikel terkait : Panduan Verval PD

Sekarang tiba saatnya untuk mengecek apakah sudah bisa digunakan atau belum dengan cara mengetik di menu brosur yang biasa digunakan dengan cara :

  • Untuk aplikasi Dapodik ketik di brosur dengan nama yang sesuai diganti tadi di computer name  sebagai contoh yang tadi adalah dengan alamat : operator:5774 terus enter (:5774 itu untuk Dapodik)
  • Untuk aplikasi PMP dengan cara yang sama tulis alamat operotor:1745 di brosur ( :1745 kode PMP)

Demikianlah salah satu yang bisa digunakan dalam input data dapodik untuk bekerja dibanyak laptop / komputer walaupun masih banyak lagi ada cara lain yang bisa digunakan. Namun saya share sesuai pengalaman yang sudah pernah saya lakukan dan berhasil

Semoga bermanfaat "Salam Satu Data"

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.
EmoticonEmoticon