March 22, 2018

Pembahasan Soal Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan

Kali ini saya akan mencoba membahas pembelajaran tematik kelas 5 pada subtema 3 yang membahas tentang Peristiwa Mengisi Kemerdekaan yang merupakan bagian awal sebelum berlanjut ke pembelajaran 1 pada buku revisi 2017 yang sekolahnya menggunakan kurikulum 2013.

Pada tahap awal buku tema 7 subtema 3 yang saya secreenshot langsung gambarnya adalah :

Subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan

Dari gambar di atas saya akan coba ceritakan peristiwa-peristiwa yang terjadi untuk mengisi kemerdekaan.

1. Peristiwa gambar 1 adalah ibu guru yang sedang mengajar di kelas 5 dengan penuh senyum dan ramah terhadap siswa-siswanya. Bagi siapa yang dapat menjawab pertanyaan bu guru agar mengangkat tangan kanan terlebih dahulu dengan tertib dan sopan. Terlihat dari gambar ada tiga orang siswa yang mengangkat tangan dengan tinggi. Satu orang lagi menoleh temannya.

2. Peristiwa gambar 2 adalah para pekerja yang sedang menyelesaikan tahap pembangunan gedung bertingkat yang dikerjakan dengan hati-hati supaya tidak terjadi kecelakaan. Setiap pekerja terlihat mengenakan helm sebagai pelindung kepala. Para pekerja saling bantu membantu dalam menyelesaikan tugasnya supaya cepat selesai.

3. Peristiwa gambar 3 adalah para pemuda Indonesia yang merasa bahagia sekali karena menang dalam pertandingan bulu tangkis. Mereka sangat bangga atas prestasi yang didapatkan karena bisa membawa nama baik Indonesia dimata dunia.

4. Peristiwa gambar 4 adalah orang yang sedang belajar tentang kesenian daerah wayang agar tidak punah karena merupakan warisan kebudayaan dari para nenek moyang terdahulu. Sudah sepatutnnyalah kita harus melestarikannya untuk generasi-generasi berikutnya.

Demikianlah rangkaian cerita sebagai contoh untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku tematik tema 7 subtema 3 khususnya tentang peristiwa -peristiwa mengisi kemerdekaan. Jawaban di atas tidaklah harus mutlak seperti itu. Jadi baik Bapak/Ibu guru maupun siswa bisa menyesuaikan dengan kata-kata sendiri yang lebih tepat dari itu.

Point penting disini adalah bagaimana para siswa dapat mengisi kemerdekaan dengan perbuatan-perbuatan atau hal-hal yang positif. Seperti mengikuti kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang dicanangkan disekolah.

Sebagai seorang pelajar tentu haruslah belajar dengan sungguh-sungguh untuk kemajuan bangsa indonesia dan kebaikan diri sendiri.

Tidak hanya bisa dan pintar menjawab tetapi harus bisa melakukan dan menerapkannya ke langkah yang lebih nyata.

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.
EmoticonEmoticon