May 9, 2018

Alat Indra Manusia Bagian dan Fungsinya Kelas 4 SD

Kita harus bersyukur karena dapat melihat, mendengar, meraba, mencium bau, dan merasakan enaknya makanan. Semua ini karena kita memiliki alat indra ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Jumlah indra pada tubuh kita ada lima sehingga sering disebut pancaindra. Apa saja yang termasuk pancaindra? Apa kegunaan pancaindra bagi kita? Mari kita simak satu persatu

1. Indra Penglihat

Kita dapat mengetahui bermacam-macam warna, terang, gelap, dan pemandangan yang indah dengan mata. Alangkah bahagianya orangorang yang bermata sehat karena dapat menikmati segala keindahan alam. Bagaimana jika mata tidak berfungsi dengan baik?
mata
Mata bisa melihat karena ada cahaya atau terang. Coba amati warna iris matamu di cermin. Amati pula warna iris mata temanmu. Apakah warnanya sama? Iris mata berwarna cokelat. Iris mata berfungsi untuk menyerap cahaya.

Cahaya masuk ke dalam mata melalui pupil. Pada tempat terang dan redup atau gelap, ukuran pupil mata ada perbedaan. Di tempat terang, pupil akan mengecil karena cahaya yang masuk ke dalam mata hanya perlu sedikit supaya tidak menyilaukan. Sebaliknya di tempat yang redup atau cahayanya kurang, pupil akan membesar karena cahaya yang masuk harus lebih banyak. Jadi, pupil mata berfungsi untuk memasukkan cahaya ke dalam mata sehingga mata dapat melihat atau mata berfungsi sebagai indra penglihat.

Bagian lain dari mata adalah lapisan bening dan kelopak mata. Lapisan bening berfungsi untuk melindungi bagian mata agar dapat melihat, sedangkan kelopak mata berfungsi untuk melindungi mata dari debu.

2. Indra Pendengar

Di sekitar kita terdapat berbagai macam bunyi. Telinga kita dapat mendengar bunyi-bunyian tersebut. Apa saja bagian-bagian telinga dan bagaimana cara kerja telinga?

Amati Gambar berikut!
telinga

Telinga terdiri atas telinga luar, tengah, dan dalam. Telinga luar terdiri atas daun telinga yang berfungsi untuk menampung suara. Antara telinga luar dan telinga tengah terdapat gendang telinga atau selaput getar. Gendang telinga akan digetarkan oleh suara yang masuk. Selanjutnya suara masuk ke telinga bagian tengah melalui tulang-tulang telinga. Kemudian suara masuk ke telinga bagian dalam melalui rumah siput dan serabut saraf yang dihubungkan ke otak. Melalui proses tersebut orang dapat mendengar berbagai suara. Apa yang terjadi jika selaput gendang pecah?

Untuk menguji kepekaaan telinga bisa dilakukan hal-hal berikut!
  1. Tutup matamu dengan kain penutup sehingga kamu tidak dapat melihat. Pada jarak 5 m seorang temanmu memukulkan
  2. buah batu sehingga menghasilkan bunyi.Tunjukkan arah asal bunyi itu!
  3. Setelah itu, temanmu pindah tempat dan memukulkan kedua batu itu lagi.Tunjukkan kembali arah asal bunyi itu.
  4. Lakukan hal ini sebanyak 10 kali. Siswa yang memukulkan batu mencatat hasilnya pada tabel seperti berikut ini.

3. Indra Pembau

“Alangkah harumnya bunga ini.” Itulah ungkapan seorang siswa kelas 4 SD yang sedang berjalan-jalan di taman bunga. Hidung merupakan alat indra untuk mencium bau. Apa saja bagian-bagian hidung dan bagaimana hidung dapat mencium bau?
hidung

Untuk menguji kepekaan dari indra pembau bisa dilakukan kegiatan seperti hal berikut:
  1. Sediakan bahan-bahan berikut ini: bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit.
  2. Bungkus bahan-bahan tersebut satu per satu dengan kain.
  3. Ambil satu per satu, mintalah temanmu untuk mencium bau dan menebak bahan-bahan tersebut.
  4. Lakukan sampai semua bungkusan habis. Bagaimana hasilnya? Tuliskan hasil kegiatanmu dalam tabel.
Apakah temanmu itu dapat menerka dengan betul seluruhnya? Jika tebakan yang betul lebih banyak daripada yang salah, kepekaan hidung temanmu sudah baik. Udara akan masuk ke dalam hidung melalui lubang hidung sehingga udara yang bau akan tercium oleh hidung karena bagian rongga hidung peka terhadap bau. Dalam rongga hidung terdapat ujung-ujung saraf yang menerima bau, kemudian oleh saraf-saraf tersebut disampaikan ke otak sehingga kita dapat mencium berbagai macam bau. Jika kamu influenza, dapatkah mencium bau?

4. Indra Pengecap

lidah
Jika kita sedang sehat, memakan makanan apa saja rasanya enak, tetapi jika kita sedang sakit, makanan apa pun berasa tidak enak. Apakah sebabnya? Bagian apa dari tubuhmu yang dapat merasakan rasa makanan?

Lakukan kegiatan berikut ini.
  1. Sediakan air gula yang kental, air garam, air yang diberi asam cuka air buah pare, dan cotton bud.
  2. Celupkan cotton bud itu ke dalam air bergula. Kenakan cotton bud yang bergula itu pada: a. ujung lidah; b. bagian belakang lidah; c. bagian kiri kanan lidah dan agak ke belakang dari ujung lidah.
  3. Catat bagian lidahmu yang dapat merasakan rasa manis air gula itu.
  4. Ulangi percobaan itu berulang-ulang dengan air garam, air asam cuka, dan air buah pare. Catat hasil percobaan itu pada tabel seperti berikut ini. Beri tanda ÷ jika bagian lidah itu dapat merasakan rasa manis, pahit, asam, dan asin.
lidahCoba julurkan lidahmu di depan cermin, apa yang kamu lihat di permukaan lidahmu? Permukaan lidah memiliki tonjolantonjolan kasar yang peka terhadap rasarasa tertentu. Rasa manis diterima oleh bagian ujung lidah. Rasa asin dan asam diterima oleh bagian kiri dan kanan lidah. Rasa pahit diterima oleh bagian belakang lidah. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar lidah dan daerah-daerah rasa.

5. Indra Peraba

Coba kamu raba baju yang kamu pakai. Apa yang kamu rasakan? Kulit manusia terdiri atas dua bagian, yaitu kulit ari dan kulit jangat. Kulit ari merupakan kulit yang tipis terdapat di permukaan kulit, sedangkan kulit jangat merupakan kulit bagian dalam. Perhatikan bagian-bagian kulit pada gambar berikut ini.
kulit
Kulit manusia sangat peka terhadap rasa kasar atau halus. Selain itu, kulit juga peka terhadap panas atau dingin, dan rasa nyeri. Kasar atau halusnya kain akan dapat dirasakan oleh kulit karena kasarnya kain terasa oleh ujung saraf pada kulit, kemudian dilanjutkan ke otak sehingga kita dapat mengetahui kekasaran kain tersebut. Jadi, kulit merupakan indra peraba.

Sumber BSE : Kelas IV_SD_IPA_Poppy K Devi

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.
EmoticonEmoticon