Tarik Peserta Didik Online Versi Dapodik 2019

Dengan dirilisnya Dapodik pada tanggal 17 Agustus 2018 untuk tarik data peserta didik secara online hanya dapat di akses melalui laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id sedangkan pada laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id login pada Operator Sekolah sempat ada pesan System Error (Sistem mengalami masalah saat memanggil halaman tujuan) tetapi sekarang ini sudah berjalan dengan normal.

Adapun cara yang harus dilakukan tidak jauh berbeda dengan yang sudah - sudah hanya saja tampilan tarik PD online sedikit ada perubahan pada wajah saja yang terkesan lebih lembut dengan warna hijaunya.

Setelah OPS mengklik tautan seperti yang admin tulis di atas maka akan di bawa ke tampilan seperti gb dibawah yang admin tunjukkan :

Tarik PD Online versi Dapodik 2019

Seperti biasa disikan username dan password sesuai login dapodik dan klik "KELOLA DATA SEKOLAH" yang selanjutnya jika berhasil login akan dibawa ke tampilan awal dari laman tersebut. Ada lima menu yang bisa dimanfaatkan seperti ( Sekolah, Prasarana, Guru dan Tendik, Rombel, dan Peserta Didik).

Untuk melanjutkan tarik peserta didik secara online maka tujulah menu Peserta Didik Lalu akan ada Tombol Tambah Peserta Didik. Lihat Gb.

Panduan Tarik PD Online


Selanjutnya kedua tombol itu bisa dimanfaatkan untuk tarik Peserta Didik Baru dan Pindah Mutasi. Untuk Peserta Didik Baru bisa dilakukan penarikan langsung dengan mengecek asal sekolah siswa terlebih dahulu tanpa harus dikeluarkan terlebih dulu oleh Dapodik sekolah yang bersangkutan.. Semua siswa yang sudah tamat akan keliahatan disana. Selanjutnya centang nama peserta didik yang akan ditarik pada kotak sebelah kiri dan Simpan.

Sedangkan jika siswa merupakan Pindahan Mutasi maka harus dikeluarkan terlebih dahulu dari sekolah asal.

Perlu diketahui juga bahwa setelah operator melakukan tarik peserta didik online beberapa hari kemudian bisa di cek melalui bilah status dengan menampilkan tombol Tanpa Rombel. Jika sudah ada data peserta didik yang ditarik berarti itu sudah berhasil.



Berikut admin sertakan pula panduan Dapodik 2019 secara lengkap dan Aplikasi Dapodik yang kesulitan download di laman aslinya.

Demikian semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tarik Peserta Didik Online Versi Dapodik 2019"

Posting Komentar

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel