Cara Mengisi Titik Koordinat Siswa Pada Dapodik yang Mengalami Error

Dengan dirilisnya aplikasi dapodik 2019 terdapat permasalahan pada aplikasi tersebut khususnya pencarian letak koordinat siswa. Disini saya akan bahas bagaimana cara mengisi titik koordinat siswa yang belakangan diketahui pada dapodik 2019 terdapat An error occured: "OVER_QUERY_LIMIT" di saat mengklik Buka Peta Koordinat pada dapodik.

Seperti yang sudah diketahui bersama jika letak titik koordinat tidak di isi pada dapodik akan di invalidkan pada semester 2 di tahun pelajaran 2018/2019. Mau tidak mau data tersebut harus diisi walaupun belum bisa dibuka langsung dari aplikasi dapodik.

Nah jika operator ingin segera mengisinya berikut apa yang bisa dilakukan:

1. Silahkan menuju ke google maps di alamat https://maps.google.com untuk melakukan pencarian. Pada kolom pencarian ketikkan alamat siswa yang akan dicari atau telusuri dari Sekolah yang bersangkutan. Setelah ketemu bisa ciutkan panel yang ada di kiri layar.

2. Ubahlah maps kedalam mode satelit agar tempat yang akan dicari bisa lebih meyakinkan. (dengan cara klik pojok kiri atas ada tanda garis 3 lalu pilih Satelit)


3. Perbesar peta sampai maksimal dengan mengklik tanda ( + ) atau ( - ) yang ada di pojok bawah layar, cari lokasi rumah siswa dengan teliti dengan memperhatikan penanda yang ada misalnya Pura atau tempat umum lainnya.. Jika tidak tahu lokasi rumah siswa, bisa mengajak siswa yang bersangkutan untuk menunjukan lokasi rumahnya.

4. Jika sudah ditemukan klik kanan di atap rumah yang dimaksud. Akan muncul pilihan klik Ada apa di sini? maka akan ditampilkan  informasi lintang dan bujur beserta nama desa, kecamatan, kabupaten dan propinsi. Tulis atau copy/paste garis lintang dan bujur yang muncul dan kemudian masukan ke dapodik.

Cara mengatasi error letak koordinat

5. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara mengetahui yang mana garis lintang dan yang mana garis bujur? Misal jika diperlihatakan pada peta adalah -8.536657, 115.415809 maka dapat diketahui -8.536657adalah garis lintang dan 115.415809 adalah garis bujur yang akan di isikan di dapodik. Pemisahannya adalah tanda koma ( , ) yang ada pada angka tersebut.

Cara lain mencari letak titik koordinat

Seperti pembahasan di atas tadi bagi yang masih mengalami error jika ingin menampilkan peta di dapodik dapat dilakukan dengan cara mengubah alamat dapodik  dari localhost:5774 ubah alamat localhost dengan IP Address Komputer/Laptop. Misal alamat IP Address Komputer adalah 192.168.1.11 maka akan menjadi 192.168.1.11:5774. Alamat inilah yang dipakai di browser untuk login dapodik.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mendapatkan IP Address tersebut? Ayo ikuti langkah selanjutnya :

Pada komputer/laptop klik Start Menu yang ada pada pojok kiri bawah. Pada kolom pencarian ketikkanlah cmd lalu enter. Setelah klik cmd.exe tersebut maka akan muncul seperti pada gambar di bawah :

cara mengisi titik koordinat siswa

Berikutnya adalah ketikkan ipconfig dan enter. Carilah seperti yang ditunjjukan gambar dibawah dan lihatlah alamat IP Address tersebut.

cara isi titik koordinat

Dengan melakukan langkah-langkah yang sudah dijelaskan seperti di atas maka Buka Peta Koordinat dapat dilihat namum masih belum maksimal untuk di gunakan. Mungkin masih memerlukan pembaruan aplikasi dapodik lebih lanjut. Jadi kita tunggu saja kelanjutannya.

Terimakasih Semoga bermanfaat

Baca juga :

  1. Cara mengatasi aplikasi PMP tidak terhubung ke dapodik
  2. Cara mengisi jadwal pelajaran pada dapodik
  3. Cara input nilai rapor di dapodik dengan cepat


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengisi Titik Koordinat Siswa Pada Dapodik yang Mengalami Error"

Posting Komentar

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel