Materi Bimtek Dapodik Dasar dan Menengah (RKAS) Tahun 2018

Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi tentang materi Bimbingan Teknis Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (RKAS) Tahun 2018 yang saya ikuti pada tanggal 08 s.d. 10 Oktober bertempat di LPMP Bali bersama rekan - rekan operator lain di Kabupaten/Kota yang ada di Bali.

Adapun yang melatar belakangi diadakan Bimtek ini sesuai Buku Panduan yang di didapat adalah :


Latar Belakang

Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (Dapodikdasmen) sebagai suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayan telah berjalan selama tujuh tahun. Di usia perjanan yang relatif muda, Dapodikdasmen sudah dihadapkan pada beberapa program baru, seperti pendidikan berbasis zonasi, e-rapor, dan Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP). Dalam menindaklanjuti tantangan ini, Dapodikdasmen terus berbenah hingga pada awal Februari 2018 lalu, telah tertib Dapodikdasmen Versi 2018.b.

Dalam pengelolaan Dapodikdasmen ini masih ditemukan berbagai masalah di lapangan. Contohnya, helpdesk Dapodikdasmen masih terpusat di Kemendikbud sehingga tidak mudah dihubungi oleh satuan pendidikan pengguna Dapodikdasmen. Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota belum mampu menjawab persoalan seputar Dapodikdasmen di tingkat daerah masing-masing. Disamping itu, ada arahan dari Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa di setiap Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di Indonesia agar ada layanan Unit Layanan Terpadu (ULT) sebagai representasi Kemendikbud yang salah satu tugasnya yaitu sebagai helpdesk Dapodikdasmen.

Keberadaan dan ketersediaan data dan informasi yang valid dan akurat akan sangat mempengaruhi pengambilan keputusan di tingkat pemerintah pusat. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu usaha pengelolaan dan pemetaan data di semua  jenjang pendidikan dan seluruh unsur pendidikan sehingga dapat dilakukan suatu kebijakan yang mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional.

Sehubungan dengan kondisi tersebut diatas, maka dipandang perlu untuk mengadakan Bimbingan Teknis Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2018 sehingga terjalin persamaan persepsi dan kesepahaman antar masing-masing pemangku kepentingan terhadap pengelolaan Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah.

MATERI BIMTEKLINK
Teknis Aplikasi Dapodikdasmen 2019UNDUH
Kebijakan Pendataan Dikdas dan DikmenUNDUH
Tata Kelola Keuangan di SekolahUNDUH

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Materi Bimtek Dapodik Dasar dan Menengah (RKAS) Tahun 2018"

Posting Komentar

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel