Cara Mengatasi Error Instal Dapodik 2019.c

Cara mengatasi error saat instal aplikasi Dapodik 2019c ini bisa menjadi solusi jitu bagi pada operator yang mengalami kesulitan dalam melakukan instalasi. Seperti yang diketahui Aplikasi Dapodik versi 2019c resmi dirilis pada tanggal 25 Februari 2019.

Sebagai aplikasi versi baru tentunya sangat dinantikan oleh para operator baik sekolah maupun Diknas. Akan tetapi ternyata kehadiran Aplikasi Dapodik versi 2019c cukup membuat para Operator risau. Pasalnya tidak sedikit operator mengalami kesulitan dalam proses Instalasi. Mulai dari kesalahan personal hingga memang perangkat yang kurang support terhadap Dapodik versi terbaru ini.

Alasan terakhir menjadi jawaban paling banyak ditemukan. Banyak operator atau sekolah yang melakukan instalasi mengalami error atau kesalahan. Ketika memasuki tahap Install maka akan muncul “The program can’t start because api-ms-win-crt-runtime-l1-1.0.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem”Jika dalam proses instalasi anda menemukan hal tersebut, jangan khawatir. Setiap permasalahan pasti terdapat solusi. Untuk itu, kami sajikan beberapa solusi cara mengatasi Error saat melakukan install Dapodik versi 2019c.

Cara atasi error instal dapodik


Simak saja uraian di bawah ini: Cara Mudah Mengatasi Error Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2019c.


1. Matikan Antivirus. Sebenarnya langkah ini tidak ada hubungannya dengan error “The program can’t start because api-ms-win-crt-runtime-l1-1.0.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem”. Namun langkah ini merupakan langkah awal sebelum melakukan instalasi dapodik. Jadi tidak ada salahnya langkah ini dicoba.

2. Uninstall lagi, kemudian install ulang Sama seperti langkah pertama, untuk kali ini juga tidak terlalu berpengaruh. Biasanya ketika proses downloading aplikasi tidak maksimal bisa berakibat error. Akan tetapi untuk permasalah diatas sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Karena error di atas sebenarnya merupakan kesalahan pada sistem operasi laptop anda. Namun tidak ada salahnya untuk install ulang, karena bisa jadi ketika proses instalasi tidak maksimal dalam pemanggilan data.

3. Install VC++ Nah ini sebenarnya solusi bagi yang tengah error atau kesalahan instal pada Aplikasi Dapodik 2019c. Aplikasi Dapodik versi 2019c membutuhkan spesifikasi yang cukup canggih yakni standarnya Windows 10, RAM minimal 4 GB, Hardisk minimal 500GB, dan prosesor minimal Core i3. Oleh karena itu, beberapa laptop yang masih menggunakan windows lama kerap tidak support. Maka dari itu harus melakukan Install vc++.

Cara install VC++ bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

a. Uninstall Dapodik 2019c
b. Download File VC++ melalui web resmi Windows, atau bisa klik disini
c. Pilihlah x86
d. Install VC++ 2015 x86 yang sudah diinstall tadi.
e. Install kembali Dapodik versi 2019c

4. Install Ulang yaitu dengan cara Install Ulang Windowsnya dan ganti dengan system operasi yang sudah ditetapkan oleh pihak pengembang Dapodik. Cara ini sebenarnya cukup berhasil, namun banyak operator yang berfikir ulang install ulang. Karena dalam laptop tersebut tersimpan banyak data dan kenangan.

Jika tidak mau install ulang, maka segeralah gunakan trik terakhir, yakni ganti Laptop. Sesuai dengan juknis BOS, sekolah diperbolehkan membeli laptop baru dengan jumlah yang sudah ditetapkan dalam satu tahun. Pilihlah laptop yang sudah masuk kategori canggih dan menggunakan Windows Ori. Sehingga nantinya jika dapodik kembali mengalami perbaharuan versi, tidak bingung lagi.

Nah solusi terakhir ini boleh dicoba. tentunya para operator juga tidak keberatan jika diganti dengan laptop yang terbaru dengan spesifikasi lebih canggih dan tangguh sesuai dengan standart yang ditetapkan pengembang dapodik.

Nah itu yang bisa dilakukan untuk mengatasi error saat instal. Semoga bisa membantu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Error Instal Dapodik 2019.c"

Posting Komentar

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel