Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kalender Pendidikan Analisis Hari Sekolah Efektif dan Belajar Efektif Tahun 2020/2021

Tahun pelajaran baru berdasarkan Kalender Pendidikan yang telah terbit dilaksanakan mulai 13 Juli 2020. Diawali dengan pengenalan lingkungan sekolah selama 1 minggu dari tanggal 13 Juli sampai dengan 18 Juli 2020.

Namun ditengah pandemi covid-19 ini hal itu sepertinya tidak mungkin bisa dilaksanakan dengan semestinya mengingat wabah covid-19 masih menjadi sebuah ancaman bagi setiap orang. Dalam menghadapi situasi seperti itu tentu kita sebagai seorang pendidik tidaklah tinggal diam begitu saja. Program-program yang seharusnya sudah menjadi kewajiban disetiap tahunnya harus pula kita buat salah satunya adalah diawali dengan menganalisis Kalender Pendidikan untuk menentukan hari efektif disekolah maupun hari belajar efektif. Tentu nanti akan berguna dalam hal pembuatan program tahunan, dan program semester.

Analisis Kalender Pendidikan

Dalam hal ini saya telah mencoba menganalisi kalender penddikan tahun pelajaran 2020/2021 ini sesuai kondisi ditempat saya mengajar. Berikut hasilnya adalah ditemukan 122 hari efektif disekolah semester 1 dan 112 hari efektif sekolah disemester 2. Jadi dalam 1 tahun pelajaran ada 234 hari efektif sekolah. Sedangkan untuk hari efektif belajar ditemukan ada 90 hari efektif belajar di semester 1 dan 93 hari efektif belajar di semester 2. Jika dijumlahkan maka dalam 1 tahun pelajaran ada 183 hari efektif belajar.

Atas hasil yang disampaikan di atas terutama pada hari efektif belajar bisa jadi berbeda dengan daerah para pendidik lainnya karena dipengaruhi oleh situasi pada daerah masing-masing. Untuk itu perlu disesuaikan dengan kondisi yang ada. Yang jelas para pendidik mengerti apa yang harus dilakukan dalam hal menganalisis kalender pendidikan.

Sebagai bahan pertimbangan berikut saya share apa yang sudah saya kerjakan terait analisis kalender pendidikan. Semoga ada manfaatnya.

Analisis Kalender Pendidikan [ open ]
Kalender Pendidikan Daerah Bali [ open ]

7 komentar untuk "Kalender Pendidikan Analisis Hari Sekolah Efektif dan Belajar Efektif Tahun 2020/2021"

  1. pak yan de .... belum bisa open analisis kalender pendidikan 2020/2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah diperbaiki. Silahkan dicoba kembali analisis kalender pendidikannya

      Hapus
  2. Terima kasih banyak pak . . Sangat membantu sekali. Sukses selalu ya pak

    BalasHapus
  3. Makasih,mantap sangat rinci ...cuma kami jenjang SMP pasti ada perbedaan untuk kalendernya..

    BalasHapus

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.