Cara Cetak SPTJM Verval Ponsel

Verifikasi dan validasi adalah sesuatu hal yang harus dilakukan oleh Operator Dapodik untuk memastikan nomor ponsel yang sudah di inputkan sebelumnya di aplikasi dapodik. Adanya tenggak waktu yang ditentukan oleh pemerintah membuat para OPS harus bekerja ekstra agar sampai tidak ketinggalan. 

Setelah selesai melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel peserta didik, selanjutnya Operator diharuskan untuk mengunduh, mencetak, dan mengupload kembali  SPTJM (Surat Pertanggung Jawaban Mutlak) tentang nomor ponsel pendidik dan peserta didik.

SPTJM ini di tandatangani kepala Kepala Sekolah, artinya Kepala Sekolah bertanggung jawab penuh atas data-data atau nomor ponsel yang sudah diinput di verval ponsel.

Tapi sebelum SPTJM diunduh, ada beberapa keterangan status di Menu nomor ponsel pendidik dan peserta didik yang perlu dipahami, yaitu:

  1. Status perbaikan data ditandai dengan Icon Pensil.
  2. Untuk mengedit nomer ponsel Tanda Panah Kiri Kanan.
  3. Nomor ponsel dalam proses validasi oleh provider Icon Checklist.
  4. Menandakan bahwa Nomor handphone sudah SPTJM Baris berwarna biru.
  5. Nomor Ponsel Aktif dan sudah di validasi provider Baris warna Merah muda: Nomor Ponsel tidak aktif (perlu perbaikan).
Dan data nomor ponsel pendidik dan peserta didik yang tidak aktif atau tidak tercatat akan muncul di Tab Residu Provider.

Selanjutnya, Operator bisa melakukan download SPTJM walaupun masih ada nomor ponsel pendidik maupun peserta didik yang belum di validasi provider atau ada data yang masuk di residu provider. 

Langkah-langkah untuk membuat SPTJM verval Ponsel yaitu sebagai berikut:
  • Klik SPTJM di verval ponsel, jika kesulitan login bisa di coba di: https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id
  • Kemudian akan muncul tampilan laman SPTJM
  • Di Menu SPTJM klik "belum SPTJM" disana bisa dilihat data-data pendidik dan peserta didik yang belum sptjm. Kemudian pilih menu "Buat SPTJM" di bagian bawahnya. 
  • Catatan : SPTJM ini dibuat untuk data peserta didik dan guru yang sudah dilakukan verifikasi dan validasi oleh Provider dan dinyatakan valid. Jika data tersebut tidak muncul di daftar, berarti masih dalam tahap validasi oleh provider. SPTJM bisa dibuat lebih dari 1 kali. Untuk menghindari penumpukan/server penuh, silahkan buat terlebih dahulu SPTJM untuk data-data yang sudah ada. Jangan menunggu sampai semua data lengkap.
  • Setelah SPTJM berhasil dibuat, maka di Menu SPTJM "sudah SPTJM" akan terlihat data-data yang sudah dibuatkan SPTJM
  • Jika ingin melihat daftar SPTJM yang sudah dibuat dalam bentuk file, silahkan klik menu excel atau pdf atau bisa cetak langsung melalui menu Print.
  • Selanjutnya download SPTJM yang sudah dibuat tadi. Klik menu "daftar SPTJM", dan klik icon download atau unduh SPTJM
  • SPTJM yang sudah dibuat harus di upload kembali, jika lebih dari 1 SPTJM yang dibuat, maka semua nya harus di upload.
  • Print SPTJM tersebut, bubuhi materai, tanda tangan kepala sekolah, dan stempel sekolah, kemudian pindai atau scan SPTJM dan simpan dalam bentuk file pdf
  • Kemudian lakukan upload atau unggah file yang sudah di scan dan dibuat dalam bentuk pdf tadi
  • Klik Icon unggah/upload di samping icon download
  • Tunggu beberapa saat  hingga tampilan seperti dibawah
  • Klik Choose file; Pilih file pdf SPTJM tadi. Pastikan rekapitulasi peserta didik dan guru pada saat melakukan upload SPTJM dengan yang tertulis pada file pdf SPTJM sesuai. 
  • Klik Unggah SPTJM untuk mengunggah file SPTJM.
  • Jika upload SPTJM berhasil akan ditandai dengan keterangan seperti ini :
Itulah tahapan-tahapan dalam download, cetak dan upload SPTJM verval ponsel. Semoga bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan.

CONTOH SPTJM



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Cetak SPTJM Verval Ponsel"

Posting Komentar

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel