October 29, 2016

Solusi Gagal Backup PMP 1.4 dan Kirim Data ke Sever Pusat

Permasalahan - permasalahan pada aplikasi PMP kerap saja terjadi. Salah satunya mungkin para operator mengalami masalah pada backup PMP atau pengirimannya. Pengiriman membutuhkan waktu yang lama bahkan mungkin para operator sampau begadang hanya untuk kirim data agar berhasil.

Tetapi tetap saja hasilnya nihil. Belum lagi diganggu dengan masalah teknis yang ada pada komputer para operator sehingga membuat mengulang lagi untuk entri data setiap guru, siswa, dan komite sekolah.

Sebelum ke versi 1.4 memang di kasi kemudahan untuk berjaga - jaga dikala operator tidak bisa mengirim data dengan jalan membackup data tersebut. Tapi sekarang bagaimana? di versi 1.4 ini mengalami error dalam membackup data PMP. Bagaiamana tidak kesal bukan? Capek-capek buat malah hilang lagi hehehe.

Untuk pemasalahan seperti itulah yang perlu di atasi, pertama coba saja tombol backup PMP jika mengalami eror maka segeralah diperbaiki. Ini saya dapatkan dari pengalaman pribadi dan dari berbagai informasi yang saya dapatkan. sehingga merasa perlu untuk di share kepada teman-teman operator yang membutuhkan.

Adapun langkah-langkahnya jika gagal backup PMP adalah :

1. Silahkan buka komputer klik local disk C selanjutnya cari di Program files atau di Program Files (x86) pilih folder PMP kemudian cari pilih foler php

2. Pada folder php carilah file php.ini di kolom pencarian seperti yang tampak pada gambar.



3. Kemudian klik 2x agar terbuka filenya

4. Kemudian cari memory_limit. Apabila masih seperti ini memory_limit = 128M maka angka 128M bisa diganti dengan 256M atau 512M

5. Kemudian Save AS di Disk D atau lainnya dengan format nama php dan format All Files selanjutnya hapus file php.ini yang tadi dan copy file php.ini yang sudah disimpan.

6. Kembali ke folder php silahkan paste disana file php.ini

7. Langkah terakhir restart laptop/komputer anda

Setelah melakukan langkah-langkah di atas dengan urut dan benar maka coba buka aplikasi PMP anda dan lakukan backup bila berhasil lalu kirim data, tunggu beberapa saat lalu cek di progres pngiriman lihat tanggal kirim data bila sudah sesuai dengan tanggal saat anda mengirim sudah di pastikan data anda terkirim ke server pusat.

Nah bagaimana mudah bukan! jika sudah di ikuti sesuai petunjuk saya yakin pasti berhasil dan sukses karena ini sudah saya terapkan sendiri.

Semoga Bermanfaat dalam perbaikan PMP agar tidak bekerja 2 kali.