Apakah Anak Anda Memilki Ketidakmampuan dalam Belajar Ini yang Penting Diketahui

Apakah anak Anda baru saja didiagnosis dengan ketidakmampuan belajar?
Apakah Anda segera mulai khawatir tentang bagaimana dia akan mengatasi sekolah?
Itu memang alami untuk menginginkan yang terbaik untuk anak Anda, keberhasilan akademis memang penting tetapi itu  bukan tujuan akhir.

Apa yang Anda benar-benar inginkan untuk anak Anda adalah kehidupan yang bahagia dan memuaskan. Dengan dorongan dan dukungan yang tepat, anak Anda dapat membangun rasa yang kuat untuk percaya diri dan dasar yang kuat untuk sukses seumur hidup.

Semua anak membutuhkan cinta, dorongan, dan dukungan, dan untuk anak-anak dengan ketidak mampuan belajar penguatan positif  dapat membantu memastikan bahwa mereka muncul dengan rasa yang kuat diri, dan tekad untuk terus bahkan ketika hal-hal yang sulit.

Tips 1: Identifikasi bagaimana anak Anda belajar terbaiknya?

Semua orang mungkin memeliki gaya belajar yang unik. Beberapa orang belajar terbaik dengan melihat atau membaca, orang lain dengan mendengarkan, dan yang lain dengan melakukan. Anda dapat membantu anak dengan ketidakmampuan belajar dengan mengidentifikasi gaya belajar utama nya.

Apakah anak Anda seorang pembelajar visual, pembelajar pendengaran, atau pembelajar kinestetik? Setelah Anda tahu bagaimana ia belajar terbaik, dengan begitu Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa jenis pembelajaran seperti apa yang cocok untuk anak Anda.

Ketidakmampuan anak dalam belajar

Daftar berikut akan membantu Anda menentukan jenis belajar anak Anda.


Apakah anak Anda seorang pembelajar visual?

Jika ia maka belajar terbaiknya dengan melihat atau membaca, tidak baik ketika materi disajikan dan diuji secara verbal. Tipsnya adalah gunakan buku, video, komputer, alat peraga, dan yang sejenisnya.

Apakah anak Anda pembelajar pendengaran?

Belajar terbaiknya adalah mendengarkan. Tidak baik dalam lingkungan pembelajaran berbasis kuliah dan laporan lisan dan tes . Tipsnya Gunakan asosiasi kata dan pengulangan verbal untuk menghafal. Belajar dengan siswa lain melalui kelompok. Mendengarkan tape atau rekaman audio lainnya.

Apakah anak Anda seorang pembelajar kinestetik?

Jika anak Anda adalah seorang pembelajar kinestetik maka belajar terbaiknya dengan melakukan dan bergerak. Melakukan eksperimen dan mengambil kunjungan lapangan. Gunakan alat studi berdasarkan aktivitas.

Tips 2: Tekankan kebiasaan gaya hidup sehat

Ini mungkin tampak tidak seperti akal sehat bahwa belajar tidak hanya melibatkan tubuh serta otak, tapi makan, tidur, dan kebiasaan olahraga yang teratur. Jika anak-anak dengan ketidakmampuan belajar yang kurang, dengan  makan yang benar dan cukup tidur dan olahraga, mereka akan lebih mampu untuk fokus, berkonsentrasi, dan bekerja keras.

Latihan - Latihan seperti olahraga  tidak hanya baik untuk tubuh, itu baik untuk pikiran. aktivitas fisik secara teratur membuat perbedaan besar dalam suasana hati, energi, dan kejelasan mental.

Demikian tips ketika anak Anda merasa dicurigai memiliki ketidak mampuan dalam belajar. Semoga bisa membantu para orang tua dalam mengatasinya. Selalulah waspada terhadap tingkah-laku anak apalagi ketika anak melakukan sesuatu hal yang tidak menjadi kebiasaanya

Baca juga : Satu langkah praktis menghadapi kenakalan anak SD

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Apakah Anak Anda Memilki Ketidakmampuan dalam Belajar Ini yang Penting Diketahui"

  1. Kalau anak lambat bicara bagaimana cara ngatasinnya ya mas?

    BalasHapus
  2. Mas @St. Wahyu jika begitu jalan terbaiknya adalah mengajaknya sering - sering komunikasi ajarkan dari yang lebih mudah. Berikan penguatan pada anak walaupun ucapannya belum sempurna. Bersabar adalah kuncinya. Jika kasus nya seperti Tapki itu lain lagi ceritanya ☺☺☺

    BalasHapus

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel