Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sederhana Mengalikan Berbagai Bentuk Pecahan Pada Matematika SD

Berbicara tentang pecahan ada banyak bentuk pecahan yang harus Anda kenal sebelum lebih lanjut mempelajarinya: Apa saja bentuk pecahan tersebut? Berikut paparannya!

Bentuk-bentuk pecahan

1. Pecahan Biasa contoh 3/5
2. Pecahan Campuran contoh : 2 4/6
3. Pecahan Desimal contoh : 0,35 ; 2.34 dan yang lainnya
4. Ada juga yang disebut dengan persen. Dalam pecahan biasanya adalah pecahan yang memiliki penyebut 100. Contoh 65/100 dan dalam persen sama dengan 65% demikian seterusnya.

Baiklah para pembaca yang akan dibahas adalah bagaimana mengalikan pecahan tersebut dengan lebih mudah tanpa memikirkan mengalikan langsung bilangan - bilangan yang besar.

Seperti apakah? Ayo kita simak! Bagaima cara mengalikan pecahan dengan mudah

Seperti biasanya dalam mengalikan pecahan biasa yang sudah terbiasa Anda lakukan adalah dengan mengalikan langsung bilangan tersebut yaitu mengalikan pembilang dengan pembilang dan mengalikan penyebut dengan penyebutnya sehingga mendapatkan suatu hasil bilangan baru.

Contoh : Hasil hitung dari 3/4 x 5/6 = ....
Jawab : Sesuai pernyataan diatas berarti yang Anda kalikan adalah 3 dengan 5 sebagai pembilang dan 4 dengan 6 sebagai penyebut sehingga hasilnya menjadi 15/ 24. Yang kemudian 15/24 ini Anda sederhanakan menjadi 5/ 8 didapat dari membagi 3 dari tiap bilangan sesuai aturan pada pada cara memcari pecahan senilai.

Nah bagaimana jika bilangan yang terdapat pada pecahan tersebut adalah nianya besar? Apakah cara yang Anda gunakan sama seperti paparan di atas.? Jika sama tentu hasil dari bilangan tersebut juga nilainya besar dan perlu menyederhakannya kembali kebentuk yang paling sederhana. "Ini sangat penting untuk dilakukan"

Mari kita lihat contoh ke -2 ini!

Hitunglah hasil dari 36/48 x 60/84?
Jawab :
36 x 60 = 2.160 dan
48 x 84 = 4.032
sehingga hasilnya adalah 2.160/4.032 disederhakan kembali yang hasinya menjadi 5/8

sekarang mari kita coba bandingkan dengan cara dibawah : Mana kira-kira yang lebih sederhana dan mudah?
Cara Sederhana mengalikan Pecahan
Cara di atas adalah dengan melakukan penyederhanaan pada setiap pecahan terlebih dahulu sebelum mengalikannya secara langsung.

Bilangan 36 di coret (disederhakan) dengan dengan 48 lalu sama-sama di bagi 12 sehingga menjadi 3 per 4. Dan kemudian bilangan 60 dan 84 di coret (disederhanakan) lalu sama-sama dibagi 12 sehingga menjadi 5 per 6.

Nah selanjutnya 3/4 dan 5/6 pun bisa disederhanakan lagi dengan mencoret 3 dan 6 seperti cara di atas membaginya dengan 3 sehingga 3 menjadi 1 dan 6 menjadi 2. Dengan demikian yang masih tersisa adalah 1/4 x 5/2 di kalikan dengan cara biasa sehingga hasilnya adalah 5/8.

Perlu di ketahui adalah bilangan cara menyederhakan bilangan bilangan pecahan adalah dengan memasangkan pembilang dan penyebut. Tidak dibenarkan memasangkan bilangan penyebut dengan penyebut ataupun pembilang dengan pembilang.

Berikutnya jika ingin mencari hasil perkalian dari pecahan desimal dengan pecahan desimal bisa juga dilakukan dengan cara mengubah pecahan desimal tersebut menjadi pecahan biasa.

Misal: 0,25 x 0,35 = ....
Jawab :
0,25 pecahan biasanya adalah 25/100
0,35 pecahan biasanya adalah 35/100
sehingga menjadi 25/100 x 35/100 = 1/4 x 7/ 20 = 7/80 = 0,0875

Baca : Cara mengubah pecahan desimal ke pecahan biasa atau sebaliknya

atau juga bisa dikalikan langsung dengan melakukan kali susun seperti biasa. kemudian berikan tanda koma (,) 4 digit dari belakang didapat dari 2 digit bilangan pertama dan 2 digit dari bilangan kedua, sehingga menjadi 4 digit.

Demikiannlah langkah yang perlu diterapkan jika ingin mengalikan bilangan pecahan dengan lebih sederhana. "Semoga bisa membantu"

5 komentar untuk "Cara Sederhana Mengalikan Berbagai Bentuk Pecahan Pada Matematika SD"

  1. Mantaff om, tapi aku gak suka matematika haaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau belajar dari tidak suka akan jadi suka. Dari tidak bisa akan menjadi bisa. Jadi sejauh mana keinginan kita untuk tidak suka atau sebelum apa apa sudah merasa tidak bisa itu akan sangat mempengaruhi.

      Hapus
  2. oww jd bgtu caranya hahaha maap jarang digunakan soalnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara tidak sengaja sebenarnya tiap hari sudah di gunakan dikehidupan sehari hari

      Hapus
  3. Rumusnya sudah benar bos, tp mohon koreksi itu hasilnya salah. 5/6 seharusnya diganti 5/7 karena 84 dibagi 12 sama dengan 7 bukan 6.

    BalasHapus

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.