January 16, 2018

Buku PJOK SD Kurikulum 2013 Kelas 1 Revisi Terbaru

Dengan adanya revisi kurikulum 2013 yang memisahkan kembali PJOK dari buku tema yang lain maka dengan sendirinya kelengkapan perangkatnya pun pastilah mengalami pemisahan pula.

Seperti silabus misalnya. Silabus ada tersendiri dalam penyusununanya yang tentunya sebagai dasar dalam pembuatan RPP disetiap harinya ketika akan melaksanakan pembelajaran kepada siswa. Silabus merupakan turunan kedua setelah Kurikulum itu disusun oleh Pemerintah.

Buku-buku yang ada terutama yang berkaitan dengan pembelajaran tentu penulisnya juga mengacu pada silabus yang ada untuk penyesuaian.

Berikut berbicara masalah buku saya ingin berbagi buku PJOK kelas 1 kurikulum 2013 dengan revisi terbarunya yang saya dapatkan. Karena disamping berpedoman pada silabus dalam pembuatan RPP buku selaku media atau sumber juga sangat dibutuhkan untuk kesuksesan dalam mensetting suatu pembelajaran.

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yang disingkat dengan PJOK penerapannya tidak hanya pada praktek saja. Tetapi dalam hal teori akan di Ujikan karena itu bagi siswa juga perlu buku PJOK yang bisa dijadikan sumber belajar baik untuk di sekolah maupun nantinya sampai dirumah.


Buku PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013

Berikut ringkasan Buku PJOK Kurikulum 2013 dalam 1 tahun.

Tema 1. Gerak Dasar dengan kata kunci jalan, lari, lompat, memutar, menekuk, mengayun, lempar, dan tangkap. Semua kata kunci tersebut diajarkan dan dipraktekkan pada anak secara bertahap.

Evaluasi praktek terakhir bisa dilakukan dengan mengajak melakukan gerakan lari pelan kemudian cepat, melakukan gerak menekuk kaki, melakukan pelemparan bola ke atas yang dilakukan secara berulang-ulang dengan hati-hati.
Tombol Buku PJOK K-13 Tema 1

Tema 2.  Sikap Tubuh dengan kata kunci tubuh, berdiri, berjalan, dan tegak. Jadi semua sikap yang ada pada dirinya sendiri diperkenalkan pada siswa dengan gerakan-gerakan yang tentunya sudah dilakukan pemanasan terlebih dahulu.

Penilaian sikap yang harus diperhatikan adalah sikap tubuh harus benar, kita harus berdiri dengan benar, kita harus berjalan dengan benar, dan tanyakan apa manfaatnya semua itu.

Evaluasi prakteknya adalah melakukan sikap berdiri tegak, melakukan gerakan jalan santai yang dilakukan secara berulang-ulang dan berhati-hati agar tidak terjadi salah urat.
Tombol Buku PJOK K-13 Tema 2

Tema 3. Gerak Keseimbangan dengan kata kunci berdiri, duduk, jongkok, dan telentang. Ada 4 kunci yang dibelajrakan pada siswa satu per satu.

Pada penilaian sikap di tema 3 ini disajikan sebuah cerita yang ingin melatih keseimbangan tubuhnya. nanti diminta pendapatnya kepada anak apa yang sebaiknya harus dilakukan.

Sedangkan untuk evaluasi prakteknya adalah melakukan latihan berdiri seperti kapal terbang, dan melakukan latihan berjalan diatas garis yang dibuag oleh guru.
Tombol Buku PJOK K-13 Tema 3

Tema 4.  Gerak Berirama dengan kata kunci gerak, berirama, gembira. Kata kunci tersebut sebenarnya juga sudah didapatkan setiap sabtu ketika anak-anak melakukan senam bersama bersama kakak kelasnya.

Penilaian sikapnya juga disajikan sebuah cerita yang sikapnya selalu merasa benar sendiri. Nanti anak-anak diminta apa sebaiknya yang harus dilakukan.

Penilaian evaluasinya adalah mencari sebuah lagu kesukaan yang nantiya saat menyanyikan diikuti dengan gerakan-gerakan. Seperti lagu Potong Bebek Angsa, Sayonara, Balonku ada Lima, dan masih banyak lagi yang lain.
Tombol Buku PJOK k-13 Tema 4

Tema 5. Budaya Hidup Sehat dengan kata kunci lingkungan, kuman, kebersihan, kuku, kulit. Biasanya ini sudah dilakukan tiap Senin atau sesuai dengan guru kelasnya. Mengadakan pemeriksaan sebelum mulai belajar.

Penilaian sikapnya adalah disajikan cerita yang membicarakan masalah Anita yang malas memotong kuku sehingga kukunya panjang dan hitam. Anak - anak dimintai pendapatnya.

Penilaian evaluasinya adalah menanyakan kepada orang tua imunisasi apa yang sudah pernah didapatkan lalu menceritakan kembali didepan kelas.

Tombol Buku PJOK K-13 Tema 5

Jadi demikianlah ada 5 tema dalam mata pelajaran PJOK kelas 1 untuk kurikulum 2013 yang bisa dijadikan sumber untuk belajar. Jangan lewatkan pula Buku Kelas 1 Kurikulum 2013 revisi 2017

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.
EmoticonEmoticon