Cara Mengisi Daftar Hadir Guru Online

Di awal semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 DHGTK ( Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan ) sepertinya akan segera dituangkan ke dalam juknis tunjangan profesi dan akan resmi digunakan untuk menghitung kehadiran guru dan tenaga kependidikan.

Jadi mohon diperhatikan Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan apakah sudah terisi dengan benar atau belum? Jika belum maka lakukanlah mulai sekarang. Suatu pekerjaan sekecil atau segampang apapun jangan ada kata ditunda untuk dikerjakan. Lebih cepat lebih baik itu menurut saya.

Untuk itu Operator yang mendapat tugas kepercayaan sebagai penginput data akan mendapat tugas tambahan lagi di setiap harinya. Walaupun sebenarnya seperti yang tertulis di halaman depan situs hadir guru juga bisa di input oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan akunnya yang terinput di Dapodik.

Cara mengisi daftar hadir guru


Adapun tujuan dengan hadirnya DHGTK ini seperti di halaman depan situs hadir guru adalah untuk mempercepat proses pencairan dana tunjangan profesi guru sebagai dasar untuk persyaratan penerima tunjangan sesuai Pasal 15 PP No. 19 Tahun 2017 yang harus terpenuhi sesuai data yang ada di Dapodik.

Daftar Hadir Guru ini di buat secara online jadi harus terkoneksi ke internet. Tidak seperti Dapodik yang bisa dibuat secara ofline dulu baru di sinkronkan.

Untuk mengisi pastikanlah terlebih dulu kalau Operator Dapodik sudah pernah melakukan sinkronisasi di tahun 2018 ini supaya bisa login nantinya di DHGTK.

Langkah-langkah Cara mengisi Daftar Hadir Guru Online

Pertama :
Silahkan kunjungi alamat http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id atau http://223.27.144.195:2017
Jika yang satunya tidak bisa gunakan alternatif yang satunya lagi.

Kedua :
Setelah melakukan browsing dengan alamat tersebut silahkan login ke tombol Login Sekolah dengan menggunakan akun Kepala Sekolah sesuai yang di input di Dapodik atau dengan login langsung dengan menggunakan akun Operator masing-masing.

Ketiga:
Setelah di menu halaman depan akan menemukan 3 menu yaitu Beranda, Kehadiran, dan Keluar Aplikasi. Beranda itu adalah halaman depan itu sendiri. Yang harus dilakukan adalah menuju ke menu Kehadiran.

Keempat :
Jika di menu kehadiran belum terdapat Daftar Hadir silahkan di buat dulu, tinggal klik menu Buat Daftar Hadir saja lalu refres kembali maka semua data di sekolah masing-masing akan terinput secara otomatis sesuai data yang ada di Dapodik.

Dengan begitu bagi yang diberi tugas kepercayaan untuk mengisi daftar hadir tersebut tinggal mencetang sesuai kenyataan yang ada. Tanda yang berwarna merah yang sudah dilewati adalah hari minggu.

Jika ingin mengisi hari libur lainnya silahkan lihat di sidebar kiri ada tiga tombol [ Buat Baru, Hapus Semua, Show Template]

Yang perlu dilakukan adalah klik Show Template dulu terus OK. Berikutnya Buat Baru silahkan isi data Jenis Libur : Mulai Tanggal : Sampai Tanggal dan Isi Keterangan libur lanjut simpan. Refresh kembali maka akan muncul tanda hitam seperti gb.

Cara mengisi daftar hadir guru

Kelima :
Jika sendainya ada Guru atau Tenaga Pendidik disekolah bersangkutan ijin  silahkan nama tersebut di klik sampai ada warna hijau seperti gambar daftar hadir guru diatas. Selanjutnya lihat menu di sidebar kiri sort paling bawah ada tombol Input Surat Ijin. Silahkan isi sesuai kenyataan yang ada.

Demikianlah langkah-langkah cara mengisi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan yang bisa saya informasikan bagi yang memang membutuhkan.

Jika ada yang kurang jelas bisa diskusikan di kolom komentar di bawah dengan sopan dan santun.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengisi Daftar Hadir Guru Online"

Posting Komentar

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel