January 26, 2018

Kisi-kisi USBN SD Tahun 2018 Untuk Kurikulum 2006 dan 2013

Kisi - kisi USBN jenjang SD tahun 2018 akhirnya di publish di situs BSNP dengan format pdf. Kisi kisi ini merupakan irisan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 yang tergabung menjadi satu. Pada kisi-kisi tahun ini format yang diberikan sedikit berbeda dari sebelumnya.

Dimana kisi-kisi ini indikatornya sangat singkat tidak sedetail yang tahun 2016/2017. Dalam pembuatan soal nanti sepertinya harus banyak pengembangan pula.

Sebelumnya juga saya tulis tentang USBN SD tetap 3 mapel yaitu : Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA yang bisa Anda baca.

Pada kisi-kisi tahun ini dalam formatnya terdapat level kognitif yang harus dicapai disetiap mata pelajaran. Level kognitif tersebut dibagi 3 yaitu level kognitif pengetahuan dan pemahaman, level kognitif aplikasi, dan level kognitif penalaran.

Kisi-kisi USBN SD 2018

Adapun rincian dari masing-masing level kognitif tersebut pada setiap mata pelajaran adalah :


Untuk Matematika pada level pengetahuan dan pemahaman peserta didik diharapkan bisa mengidentifikasi, membuat tabulasi, menghitung, menginterpretasi, dan menentukan. untuk level aplikasinya adalah mengklasifikasi, menentukan, menghitung, menyelesaikan masalah. Dan pada level penalaran adalah memprediksi, membedakan, menafsirkan, menyimpulkan.

Untuk IPA pada level pengetahuan dan pemahaman peserta didik diharapkan bisa mengidentifikasi, menunjukkan, memberi contoh, menyebutkan. Pada level kognitif aplikasi adalah menerapkan, membandingkan, mengklasifikasi. Dan pada level kognitif penalaran adalah menganalisis, memprediksi, menyimpulkan.

Untuk Bahasa Indonesia di level kognitif pengetahuan dan pemahaman diharapkan bisa mengidentifikasi, menentukan, memaknai. Pada level kognitif aplikasi diharapkan bisa menyimpulkan, menggunakan konsep/prinsip. dan pada level kognitif Penalaran diharapkan bisa mengevaluasi, membandingkan pola (menganalisis), menanggapi.

Itulah paparan kisi-kisi USBN SD 2018 yang sekarang ini jika dilihat dari segi level kognitifnya. Semua dari level tersebut nantinya akan dihubungkan dengan lingkup materi sesuai yang ada pada kurikulum beserta rincian yang akan dicapai.

Untuk lebih jelasnya para pembaca bisa mendapatkan pada link yang disediakan di bawah.
Semoga bisa bermanfaat.

Kisi-kisi USBN SD tahun 2017/2018

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.
EmoticonEmoticon