Cara Mencari Perbandingan dan Skala dengan Mudah

Perbandingan dan skala merupakan hal yang sangat berkaitan satu sama lain. Belajar perbandingan sebenarnya sudah belajar sebagian dari skala. Karena konsep yang diterapkan untuk mencari skala terhubung pula dengan konsep perbandingan.

Mari kita bahas satu persatu apa itu perbandingan dan apa itu skala?

Perbandingan

Sebelum ke perbandingan masih ingatkan contoh pecahan biasa? ( 3/4, 5/6, 7,8, dan lain-lain). Nah, pecahan 3/4 itu juga bisa dikatakan sebagai sebuah perbandingan yaitu 3 : 4. Untuk lebih detail bisa menuju ke Berbagai Cara Mudah Memecahkan Masalah Perbandingan versi 1.

Sekarang coba perhatikan soal berikut :
Pada ekstra kelas renang banyak siswa yang mendaftar 55 orang. yang terdiri dari  20 orang laki dan 35 orang perempuan.

Jika yang ditanyakan adalah perbandingan siswa laki dan perempuan maka bisa ditentukan perbandingan tersebut adalah 4 : 7 yang didapat dari membandingkan siswa laki 20 orang dengan siswa perempuan 35 orang. ( 20 : 35 ) Jika ditulis ke dalam pecahan akan menjadi 20/35. Pecahan paling sederhana dari 20/35 adalah 4/7dimana  4/7 = 4 : 7

Jika soal di atas diubah redaksinya menjadi : Pada ekstra kelas renang perbandingan banyak siswa laki dan perempuan yang mendaftar adalah 4 : 7. Jika banyaknya siswa yang sudah mendaftar ada 55 orang. Berapakah siswa laki dan perempuannya?

Ini bisa dijawab dengan misalkan L = laki dan P = perempuan, maka L : P = 4 : 7. Itu berarti pula L + P = 4 + 7 = 55 0rang. Lanjut untuk mengetahui berapa laki dan berapa perempuan caranya adalah :
perbandingan dan skala
Jadi lakinya adalah 20 dan tentu perempuannya adalah 35 karena jumlah semuanya adalah 55 orang.

Dan jika soal dinyatakan selisih antara siswa laki dan perempuan adalah 15 orang. Dengan logika yang sama dengan cara tadi adalah : L = 4/3 x 15 = 20 ( per 3 didapat dari selisih 7 dan 4 = 3).

Skala

Pengertian skala adalah perbandingan juga yaitu perbandingan pada peta dengan sebenarnya. ( pada peta bisa diganti pada gambar, pada denah, atau yang lainnya sesuai kebutuhan).

Dari beberapa buku atau LKS yang pernah saya baca bahwa dalam menurunkan rumus skala menurut saya ada yang menyimpang dari konsep sebenarnya. Untuk itu mari kita ikuti langkah-langkahnya satu persatu.

Jarak kota A dan kota B pada peta adalah 12 cm. Jika skala yang digunakan pada tersebut adalah 1 : 6.000 Berapakah jarak sebenarnya kota tersebut?

Perhatikan!
Cara 1
perbandingan dan skala
Dengan menggunakan konsep pecahan senilai didapat jarak sebenarnya adalah 72.000 cm dan apabila diubah menjadi km akan menjadi 0,72 km.

Cara 2
perbandingan dan skala
Cara 2 di atas adalah dengan melakukan kali silang dari persamaan yang telah dibuat. Jadi baik cara 1 maupun cara 2 tetap menggunakan rumus skala yang sama. Perbedaanya adalah cara melakukan perhitungannya.

Lalu bagaimanakah jika yang dicari adalah jarak pada peta atau skala? 
Apapun itu tetaplah berpedoman pada rumus skala yaitu perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya.

Gantilah pada rumus tersebut sesuai kondisi soal yang diketahui persis letaknya sama sesuai rumus skala. Kemudian hitunglah dengan konsep-konsep hitung yang benar, maka jawaban akan dapat dengan mudah diselesaikan.

Mari berlatih dengan soal-soal perbandingan dan skala!


1. Jarak diantara 2 kota yaitu kota Amlapura dan Semarapura pada peta adalah 12 cm. Jika skala yang digunakan pada peta tersebut adalah 1 : 30.000, berapakah jarak sebenarnya antara kedua kota tersebut?

2. Misalkan jarak gunung agung dengan gunung batur sebenarnya jika dihitung lurus adalah 28 km. Wawan ingin menggambarnya di peta dengan skala 1 : 400.000. Berapak jarak kedua gunung tersebut di peta?

3. Ani membuat denah sekolah dimana jarak pada denah antara ruang kelas 1 dengan kelas 6 adalah 30 cm. Tetapi jika diukur sebenarnya adalah 45 m. Berapakah skala yang digunakan Wawan?

4. Tanah Paman berbentuk persegi panjang dengan panjang dan lebarnya pada gambar adalah 6 cm dan 10 cm. Jika skala yang digunakan dalam gambar adalah 1 : 2.000.000, berapak luas tanah paman sebenarnya ?

Demikianlah ada 4 soal yang bisa dijawab untuk menguji pemahaman tentang skala sesuai yang sudah dipaparkan secara terperinci di atas terkait memecahkan masalah perbandingan dan skala.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Komentar untuk "Cara Mencari Perbandingan dan Skala dengan Mudah"

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel