Cara Membuat Perangkingan Hasil Laporan Siswa dengan Cepat

Seperti biasa setiap enam bulan sekali para guru pastilah selalu membuat hasil belajar siswa yang kita kenal dengan Hasil Laporan Siswa. Dah bahkan ada yang membuat tiga bulan sekali tergantung dari kebijakan sekolah ataupun Dinas Terkait sesuai dengan kebijakannya.

Kadang yang sering menjadi masalah atau setidaknya penghambat dalam penyusunannya adalah bagaimana para guru bisa dengan cepat menyusun perangkingan anak. Dengan begitu tentunya pekerjaan akan menjadi lebih ringan.

Apalagi jika di dalam suatu kelas terdapat anak lebih dari 20 orang atau jika saya asumsikan anak di dalam kelas itu ternyata 35 orang. Jadi lumayan capeklah jika ingin mengurutkan rangking anak tersebut secara keseluruhan.

Disamping untuk keperluan seperti yang saya paparkan di atas tips yang akan saya bagikan nanti juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan perangkingan yang lain seperti perangkingan lomba-lomba yang pesertanya banyak.

cara mengurutkan angka dengan mudah

Baiklah akan saya bagikan tips Bagaimana cara membuat perangkingan hasil belajar siswa dengan cepat lewat tutorial yang bisa diikuti satu persatu seperti di bawah ini :


Pertama :
Data yang dibuat tentunya diketik pada Excel kesayangan Anda. Dan seandainyan data sudah terlanjur di ketik di word anda harus memindahkan data tersebut dengan cara copy - paste seluruh data.

Kedua :
Jika data selengkapnya sudah kita punya pada program excel di menu Home carilah Sort & Filter sorot ke bawah maka akan ada pilihan Custom sort dengan terlebih dahulu harus memblok semua data yang ada di excel.

Ketiga :
Akan ada 3 pilhan kolom yang berisi Colum, Sort on, dan Order. Pada menu colom sort kebawah pilih colom mana yang akan dijadikan data penentu untuk rangking.

Untuk Sort on biarkan saja seperti awal kita klik kalau di saya adalah value. Jika item itu di sorot kebawah akan ada pilihan berikutnya Cell Color, Font Color, dan Cell Icon.

Pada menu Order akan ada pilihan Smallest to Largest (dari kecil ke besar), Largest to Small (dari besar ke kecil), dan Custom List jika ingin menggunakan selain pilhan diatasnya. Jika ingin merangking pilihlah Small to largest biar terurut dari atas mulai yang terkecil.

Keempat :
Selesai. Pekerjaan Anda sudah di ringankan dibanding kita buat secara manual yang harus cek satu persatu data nilai siswa.

Bagaimana mudah bukan!!!! "Selamat Mencoba"

NB :
Sebagai catatan jika ingin mengurutkan nama siswa secara alphabet bisa juga dilakukan dengan cara yang sama tinggal menyesuaikan columnya dan pada pilihan Custom sort tinggal pilih apakah dari A ke Z atau dari Z ke A.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Cara Membuat Perangkingan Hasil Laporan Siswa dengan Cepat"

  1. setiap bikin rapot selalu harus buka google dulu untuk mencari bagaimana caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu adanya pembiasaan yang harus di tingkatkan biar gak jadi lupa.

      Hapus

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel