Energi Alternatif dan Contoh Penggunaanya Mapel IPA SD

Matahari merupakan sumber energi panas ciptaan Tuhan yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Berbagai proses pengeringan memanfaatkan panas matahari yang dapat diperoleh secara langsung selama matahari bersinar.

Panas merupakan salah satu bentuk energi. Selain energi panas ada pula energi bunyi. Sekarang dikenal pula energi alernatif sebagai pengganti energi dari bahan-bahan yang dapat habis, apa yang dimaksud dengan energi alternatif? Mari ikuti penjalasan berikut!

A. MATAHARI

Dengan kemajuan teknologi, energi matahari tidak hanya dipakai untuk mengeringkan pakaian atau padi saja. Energi matahari dapat dipakai untuk menggantikan bahan bakar bensin. Mobil yang memanfaatkan energi matahari sebagai energi penggeraknya dinamakan mobil bertenaga surya.

Energi matahari juga dapat digunakan untuk memanaskan air keperluan rumah tangga. Alat penangkap energi matahari dipasang di atap rumah. Pada alat tersebut terdapat logam-logam penghantar panas dan ketika melewati logam tersebut air akan ikut panas.

B. ANGIN

Angin adalah gerakan udara di permukaan bumi yang terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara. Udara mengalir dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah. Udara yang bergerak menimbulkan energi yang disebut energi angin.

Energi alternatif dan contoh penggunaanya
Contoh pemanfaatan energi angin

Di beberapa negara, angin dimanfaatkan untuk memutar kincir angin. Kincir angin di Belanda telah ratusan tahun dimanfaatkan untuk menggiling gandum. Selain itu, kincir angin juga dimanfaatkan untuk memompa air untuk irigasi dan membangkitkan tenaga listrik. Tenaga angin dapat mendorong layar pada kapal laut sehingga kapal laut akan bergerak mengarungi lautan.

C. AIR TERJUN

Gerakan air terjun digunakan untuk memutar kincir air yang dihubungkan dengan generator yang menghasilkan energi listrik. Sumber energi listrik secara besar-besaran diperoleh dari PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Di PLTA air terjun dibuat dari bendungan sungai. Tenaga air terjun yang kuat digunakan untuk memutar turbin-turbin yang menghasilkan energi listrik. Bendungan yang besar di Indonesia, contohnya Bendungan Jatiluhur dan Asahan.

Kenapa kita perlu memanfaat energi alternatif?
Penggunaan energi aternatif dibandingkan dengan sumber energi yang digunakan sekarang memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

  1. panas matahari, angin, dan air merupakan ciptaan Tuhan yang berlimpah dan ada sepanjang masa;
  2. lingkungan tetap terpelihara.

Udara banyak tercemar oleh gas-gas buangan dari pembakaran bahan bakar seperti bensin dan solar. Dengan adanya energi alternatif untuk kendaraan bermotor diharapkan tidak lagi terjadi pencemaran udara.

Sebagai pengganti bahan bakar untuk memasak, seperti kayu bakar atau minyak tanah dapat digunakan biogas yang dibuat dari kompos. Kompos berasal dari sampah yang disimpan dalam tempat tertutup ± selama seminggu. Pengambilan kayu bakar dari hutan akan merusak lingkungan hutan. Dengan mengganti kayu bakar, diharapkan lingkungan hutan akan terpelihara.

Baca juga : Soal IPA Energi dan Perubahannya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Energi Alternatif dan Contoh Penggunaanya Mapel IPA SD"

Posting Komentar

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel