April 2, 2018

Panduan Mengisi Ekstrakurikuler pada Aplikasi Dapodik Terbaru

Buku Panduan Aplikasi Dapodik dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada operator dan warga sekolah yang hendak mengimplementasikan aplikasi Dapodik Versi 2018 secara mandiri di sekolah.

Melalui buku panduan ini, diharapkan hal-hal yang terkait dengan materi seputar implementasi aplikasi Dapodik Versi 2018 dapat dipahami dan dimaknai dengan mudah. Penyusunan buku ini merupakan upaya strategis untuk memberikan kemudahan dalam memberikan informasi yang luas kepada operator tentang penggunaan aplikasi Dapodik Versi 2018 dalam bentuk panduan.

Demikian pengantar penting yang terdapat pada buku panduan tersebut.
Bagi yang memerlukan panduan tersebut secara lengkap bisa unduh di Panduan Dapodik 2018

Khusus dalam hal ini akan dipaparkan pengisian ekstrakurikuler pada aplikasi dapodik yang sudah ada sejak tahun 2017. Namun pada versi 2018 ini ada penambahan fitur isian bagi sekolah yang melaksanakan program eskul. Fitur isian inin dumaksudkan agar pemakai data dapat melakukan analisis terhadap data yang sudah dikirim baik di tingkat sekolah, kabupaten/kota dan provinsi.

Berikut langkah-langkah cara mengisi data ekstrakurikuler pada aplikasi dapodik
1. Lihat sidebar sebelah kiri pada laman dopodik akan ada rombongan belajar klik tanda segitiga akan muncul 2 pilihan Reguler dan Ekskul. Maka pilihlah Ekskul. Lihat gambar!

Cara mengisi ekstrakurikuler dapodik

2. Setelah menuju ke munu Eskul yang pertama yang harus dibuat adalah Tambah lalu isi Nama Eskul, Pembina, Prasarana sampai semua jenis eskul di sekolah terinput dengan benar.

3. Isikan Anggota rombel setiap jenis eskul yang dipilih sesuai pendataan yang sudah dilakukan. Selesai dan jangan lupa di simpan.

4. Setelah proses ini sudah selesai maka menujulah ke Menu Sekolah. Pilih Ekstrakurikuler Klik tombol tambah, kemudian pada kolom Rombongan Belajar akan menampilkan data Nama Rombongan Belajar berdasarkan data yang sudah diinputkan sebelumnya pada poin kedua tadi di atas.

Panduan mengisi ekstrakurkuler

Setelah menentukan Rombongan Belajar lengkapilah Jenis Eskul, Nama Ekskul, SK Ekskul, Tgl SK Ekskul, dan Jam Kegiatan Per Minggunya. Jika sudah diisi semua klik simpan begitu seterusnya sampai semua data sudah terinput dengan benar.

Terakhir jangan lupa lakukan validasi untuk mengecek apakah data yang di inputkan sudah lengkap atau belum.

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.
EmoticonEmoticon