Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus Kelas 4 Kurikulum 2013

Setelah sebelumnya saya share perangkat pembelajaran tentang KI dan KD Kurikulum 2013 untuk SD di semua mapel (baca: KI dan KD Kurikulun 2013) kali ini saya akan menyempatkan untuk membagikan silabus kelas 4 semester 1 dari tema 1 sampai dengan tema 5.

Silabus ini sudah sesuai dengan rujukan terbaru yang terdiri dari dari 3 kolom yaitu : Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran dan Kegiatan Pembelajaran yang menjadikannya lebih ramping.


Berikut pula sedikit kutipan pada pendahuluan dari Permendikbud No. 21 tahun 2016 adalah :

Implementasi Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dijabarkan ke dalam sejumlah peraturan, di antaranya adalah Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah tersebut memberikan arahan tentang perlunya disusun dan dilaksanakan delapan standar nasional pendidikan, yaitu: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.

Dalam upaya mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut telah ditetapkan Standar Kompetensi Lulusan yang merupakan kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Untuk mencapai kompetensi lulusan tersebut perlu ditetapkan Standar Isi yang merupakan kriteria mengenai ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi peserta didik untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.

Untuk memenuhi kebutuhan masa depan dan menyongsong Generasi Emas Indonesia Tahun 2045, telah ditetapkan Standar Kompetensi Lulusan yang berbasis pada Kompetensi Abad XXI, Bonus Demografi Indonesia, dan Potensi Indonesia menjadi Kelompok 7 Negara Ekonomi Terbesar Dunia, dan sekaligus memperkuat kontribusi Indonesia terhadap pembangunan peradaban dunia.
Ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi peserta didik yang harus dipenuhi atau dicapai pada suatu satuan pendidikan dalam jenjang dan jenis pendidikan tertentu dirumuskan dalam Standar Isi untuk setiap mata pelajaran.

Berikut Silabus yang penulis janjikan :

Tombol : Silabus Kelas 4 K 13 semester 1

Posting Komentar untuk "Silabus Kelas 4 Kurikulum 2013"