Cara Entri Kehadiran GTK secara Manual pada DHGTK V.2

Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) untuk versi 2 sudah resmi dirilis. Walaupun kadang servernya beberapa hari ini mengalami gangguan. Hadir GTK versi 2 ini digunakan kepada sekolah yang belum mempunyai mesin sidik jari. Dimana pada hadir GTK V.2 ini di input secara manual tiap hari.

Pada dasarnya DHGTK V.2 ini tidak jauh berbeda fungsinya dengan DHGTK yang lama. Adanya perubahan penampilan dari versi sebelumnya disamping juga ada penambahan menu lainnya. Yang mencolok perbedaanya adalah V.2 ini sudah suport dengan mesin finger print. Oleh karena itu tidak perlu mengisi kehadiran secara manual di DHGTK online. Cukup sinkron dari software absensi finger print maka data kehadiran akan masuk ke DHGTK.

Bagi yang belum instal software absensi bisa menuju ke link Cara Instal Geisa Cleant agar terhubung ke dapodik.

Baiklah berikut akan dijelaskan bagaimana mengisi daftar hadir pada DHGTK secara manual.


1. Tentu akan login ke http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2/ seperti tampilan pada gambar dibawah dengan memasukkan NPSN, User Id (email sekolah di dapodik) Password Dapodik dan kode capcha yang terlihat pada aplikasi.

Entri kehadiran guru

2. Setelah bisa login maka akan dibawa ke menu tampilan awal yang memperlihatkan rekap harian kehadiran GTK. Menu-menu utamanya ada disebelah kiri layar. Lihat gambar!

Absen online

3. Untuk mengisi kehadiran guru klik Kelengkapan Sekolah yang ada dibawah tombol Dashboord maka akan muncul 5 menu dibawahnya mulai dari (1) Ijin Pegawai yang fungsinya untuk entri ijin pegawai. (2) Operasional Sekolah yang berfungsi untuk mengatur waktu penyelenggaraan, jam kerja dan jam istirahat. semua diisi sesuai keadaan riil disekolah. (3) Kalender Pendidikan, ini diisi oleh Dinas Pendidikan jadi operator tidak peru membuatnya. (4) Entri Kehadiran ( ini akan dibahas lebih lanjut). (5) SPTJM ( Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak ditandatangani oleh Kepsek)

4. Untuk mengisi kehadira guru dan pegawai secara manual caranya sangatlah mudah tinggal merubah tombol di sebalah kanan guru atau pegawai menjadi berwarna hijau. Dengan begitu yang bersangkutan dinyatakan telah hadir pada hari dan tanggal tersebut. Tunggu beberapa saat, jika checkbox setelah diclick kembali keposisi sebelum di click, berarti ada error saat kirim data, ulangi prosesnya. Guru yang sudah absensi melalui mesin sidik jari, tidak bisa mengisi data kehadiran dengan cara ini pada tanggal yang sama.

Perhatikan gambar!

Finger print terhubung ke dapodik

5. Jika sudah semua benar cobalah cek laporan disana ada menu laporan harian dan laporan bulanan. Jika sudah yakin maka yang perlu di lakukan adalah mencetak SPTJM. Jika belum terhubung ke printer bisa download pdf terlebih dulu untuk di cetak kemudian.

Demikianlah panduan singkat terkait cara mengisi kehadiran guru dan pegawai secara manual dan online. Perlu dibaca juga Cara isi Hadir Guru dan Pegawai Versi 1

Perlu diperhatikan bahwa :

Entri kehadiran hanya digunakan oleh sekolah yang memiliki kondisi sebagai berikut :

  1. Belum memiliki mesin scan jari (finger print)
  2. Mesin scan jari (finger print) sedang dalam perbaikan
  3. Mesin scan jari (finger print) tidak berfungsi karena berbagai alasan.

Akibat yang akan di timbulkan jika menggunakan entri kehadiran adalah sebagai berikut:

  1. Penggunaan entri kehadiran akan menyebabkan durasi kerja guru tidak bisa dihitung
  2. Jika sekolah menggunakan absensi ganda (entri kehadiran dan scan jari) dalam hari yang sama, durasi kerja dianggap 0
  3. Bagi sekolah yang mesinnya tidak mengalami kendala teknis, semua guru dan tenaga kependidikan wajib absensi dengan mesin sidik jari

PERINGATAN

Entri kehadiran tidak boleh digunakan untuk memasukkan absensi kehadiran pegawai, jika mesin scan jari (finger print) tidak mengalami kendala teknis

(peringatan ini terdapat pada situs resmi DHGTK sebelah kanan layar)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Entri Kehadiran GTK secara Manual pada DHGTK V.2"

Posting Komentar

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel