Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 3 dan 6 Revisi 2018 Semester 2

Setelah sebelumnya sempat posting tentang Pemetaan KD Kurikulum 2013 kali ini juga terkait pemetaan Kompetensi Dasar namun pada tahap revisi 2018 berdasarkan Buku Guru dan Buku Siswa yang juga sebelumnya telah diposting.

Dengan adanya revisi Buku Tematik tentun pemetaan Kompetensi Dasar harus juga dipetakan ulang. Kenapa? Ia karena dalam pemuatan KD pada buku tersebut ada perbedaan - perbedaan dalam penghububungan materi.

Terutama pada buku kelas 6 sekarang sudah jelas ada pemisahan mata pelajaran matematika dan PJOK yang berjalan secara sendiri-sendiri. Untuk buku matematika kelas 4, 5, dan 6 bisa cek ditempat ini.

Pemetaan Kompetensi Dasar yang saya akan bagi adalah berformat sama seperti sebelumnya dengan memetakan KD per tema dengan setiap tema disertakan sub temanya. Pada buku kelas 3 terdapat 4 subtema dalam setiap tema. Sedangkan pada buku kelas 6 terdapat 3 subtema pada setiap tema kecuali tema 6 ada tambahan literasi sehingga menjadi 4 subtema.

Dengan terlebih dahulu tahu KD apa saja yang terdapat pada buku tematik tentu akan dapat memudahkan sebagai seorang guru dalam merancang suatu tugas-tugas yang ada hubungannya dengan pembelajaran yang akan diberikan nantinya kepada peserta didik.

Pada tiap evaluasi akan dapat lebih menyasar terhadap apa yang memang mejadi tujuan untuk dicapai pada saat pebelajaran sehingga dapat memudahkan dalam memasukkan nilai rapor akhir yang setiap 6 bulan dilaporkan kepada peserta didik untuk diketahui oleh orang tua siswa. Terlebih juga ada sekolah yang melaporkan perkembangan perserta didiknya tiap 3 bulan yang sering dikenal dengan laporan tengah semester.

Terkait dengan pelaporan tengah semester dan laporan semester saya juga telah memposting aplikasi rapor kurikulum 2013. Jika penasaran bisa cek langsung ke TKP Aplikasi rapor jenjang SD semester 1 dan Aplikasi rapor jenjang SD semester 2.

Pemetaan KD Revisi 2018


Baiklah berikut Pemetaan KD kelas 3 dan 6 revisi 2018 bisa di unduh pada link yang sudah disediakan!

a. Pemetaan KD Kelas 3 Rev. 2018
b. Pemetaan KD Kelas 6 Rev. 2018
Dapatkan pula Aplikasi Rapor K 13 terbaru [Open] 

2 komentar untuk "Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 3 dan 6 Revisi 2018 Semester 2"

  1. Karena sudah lama tidak sekolah lagi, saya baru tahu kalau ada sistem pemetaan Kurikulum....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berlaku untuk kurikulum 2013 Kang Nata. Perlu ada pemetaan terlebih dahulu agar evaluasi bisa terlaksana sesuai tujuan

      Hapus

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.