Contoh RPP SD Berorientasi HOTS Mengacu Pada SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang di jabat oleh Nadiem Anwar Makarim baru-baru ini mengeluarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 14 Tahun 2019 tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Adapun Surat Edaran tersebut berbunyi :
  1. Penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa.
  2. Dari 13 komponen RPP yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan sisanya hanya sebagai pelengkap.
  3. Sekolah, Kelompok Guru Mata Pelajaran dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP) dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya keberhasilan belajar siswa.
  4. Adapun RPP yang telah dibuat dapat digunakan dan dapat disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana maksud pada angka 1, 2, dan 3.

Dari Surat Edaran tersebut saya mencoba membuat contoh RPP berorientasi HOTS dengan perincian berisi Identitas Sekolah, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian. Format tersebut bisa saja di jadikan 1 halaman RPP namun tentu pula sesuai kondisi nyata yang ada. Dalam contoh ini saya buat 2 halaman saja.

NAMA SEKOLAH
KELAS/SEMESTER
TEMA/SUBTEMA
PEMBELAJARAN/ALOKASI WAKTU

KOMPETENSI DASAR


TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Dengan menuliskan kata-kata kunci yang ditemukan dalam tiap paragraf bacaan, siswa mampu meringkas teks eksplanasi pada media cetak secara tepat.
  2. Dengan membuat kesimpulan bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasan teks secara tepat.
  3. Dengan melakukan percobaan tentang bagaimana sumber energi panas dapat menyebabkan perubahan, siswa mampu menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari secara bertangung jawab.
  4. Dengan membuat laporan percobaan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor secara tepat.

KEGIATAN PEMBELAJARAN


PENILAIAN
  1. Sikap
  2. Pengetahuan
  3. Keterampilan
Demikianlah contoh RPP yang saya buat, semoga bisa menjadi referensi alternatif buat bapak dan ibu guru.

Donwload lengkap contoh RPP SD Mengacu SE Mendikbud No.14 Tahun 2019 [ Open ]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Contoh RPP SD Berorientasi HOTS Mengacu Pada SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019"

Posting Komentar

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel