Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar

Laporan Pendidikan atau dikenal dengan istilah Rapor tentunya sudah menjadi wajib untuk disampaikan ke siswa dan orang tua setiap dua kali dalam 1 tahun. Rapor menjadi sangat penting untuk dimiliki siswa sebagai bukti mereka telah meleksanakan proses pembelajaran. Saat ini bagi sekolah yang telah melaksankan Kurikulum Merdeka maka dalam memberikan penilaian harus mengacu pada model penilaian yang ada pada kurikulum merdeka.

Sesuai dengan Panduan Pembelajaran dan Asesmen dituliskan bahwa Pengolahan hasil asesmen dilakukan dengan memanfaatkan hasil formatif dan sumatif. Terdapat 2 jenis data, yaitu data hasil asesmen yang berupa angka (kuantitatif) serta data hasil asesmen yang berupa narasi (kualitatif). 

Pengolahan hasil asesmen dalam bentuk angka (kuantitatif) didasarkan hanya pada hasil asesmen sumatif, sementara asesmen formatif sebagaimana diuraikan sebelumnya, berupa data atau informasi yang bersifat kualitatif, digunakan sebagai umpan balik untuk perbaikan pembelajaran sekaligus sebagai bahan pertimbangan menyusun deskripsi capaian kompetensi.

Untuk memudahkan rekan-rekan pendidik disini saya telah mencoba membuat Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka sederhana. Namun sebelum digunakan ada baiknya perhatikan cara penggunaanya:

Tahap Awal :

1. Jika enable macro tidak otomatis muncul pada layar komputer/laptop anda bisa lihat pada menu aplikasi tanda seru (!) berwarna kuning. Klik menu tersebut dan silahkan klik "enable all macros", close dan buka kembali maka akan muncul form login klik OK.


2. Ada 4 tab ribbon menu penting yang dipakai dimana pada setiap tab menu ada beberapa link hiperlink yang disisipkan apabila di diklik akan diarahkan kepada sheet-sheet tertentu sesuai dengan apa yang dituju. Adapaun pembagian tab-tab tersebut adalah: 

  • Data Utama
  • Input Nilai terdiri dari berbagai sheet mata pelejaran sesuai kurikulum merdeka
  • Output Rapor
  • Pengaturan

Penjelasan Penting

Tetapkan Kategori

Pada tabel Tetapkan Kaegori dapat di isi sesuai kebutuhan sekolah atau guru masing-masing untuk penentuan deskripsi raport yang akan menjadi laporan pendidikan siswa.

Bobot Nilai Rapor

Pada tabel bobot nialai rapor dapat disesuaikan dengan sekolah dalam penghitungan nilai rapor apakah nilai lingkup TP akan dihitung atau tidak. Jika tidak maka di isi 0 (nol)

Deskripsi Rapor

Di menu tab Input Nilai terdapat berbagai mata pelajaran yang harus di isi nilai. Dari nilai tersebut akan menghasilkan sebuah deskripsi capaian kompetensi. Tetapi apabila deskripsi capaian kompetensi tidak sesuai yang diharapkan maka dapat di ubah sesuai dengan keperluan.

Berikut link unduh rapor Kumer : [ Open ]

Format Rapor Projek : [ Open

Catatan:

Agar aplikasi rapor ini dapat bekerja dengan baik ikuti langkah berikut!

  1. Buka aplikasi yang sudah terdonwload
  2. Save As aplikasi dan simpan ditempat yang berbeda
  3. Close yang tadi di awal dibuka
  4. Cari file yang disimpan untuk dibuka
  5. Aplikasi siap digunakan

Posting Komentar untuk "Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar"