Sinopsis dan Langkah-langkahnya

Belakangan ini siswa - siswa SD di Kabupaten Klungkung Bali di ramaikan dengan pembuatan sinopsis yang di gagas oleh perpustakaan daerah kabupaten untuk meningkatkan minat baca siswa.

Dengan membaca di yakini akan banyak mendapat pengetahuan baru terutama dalam pembentukan karakter anak didik.

Sampai akhirnya anak didik kami dapat 2 orang dari anak kelas 4 yang penghargaannya diberikan langsung oleh Bapak UPT Disdipora Kec. Dawan. Terima Kasih Bapak.

Cara membuat sinopsis

Saat Penyerahan hadiah oleh Bapak UPT Dawan

Dalam hal tersebut disini penulis akan menjelaskan sedikit tentang apa itu sinopsis? dan Bagaimana langkah yang harus di lakukan dalam membuat sinopsis?

Sinopsis biasanya digunakan sebagai prolog pada sebuah naskah, baik naskah pendek ataupun naskah panjang untuk sebuah pementasan teater panggung, drama, ataupun dalam film. Sinopsis ini di buat untuk mempermudah dalam mengetahui atau memahami sebuah naskah atau cerita yang akan dibaca.

Dalam penulisan biasanya hanya 1 s.d 3 halaman saja, 1/5 dari panjang karangan aslinya. Dan dalam penulisan sinopsis tidak membutuhkan gaya bahasa dan penjelasan yang luas, akan tetapi isi atau gagasan umun lebih di utamakan.

Adapun Langkah-Langkah yang dapat dilakukan dalam membuat Sinopsis :
  1. Membaca naskah aslinya secara keseluruhan untuk mendapatkan pesan penting yang terdapat di dalamnya.
  2. Mencatat gagasan pokok atau menggaris bawahi gagasan pokok yang dianggap penting untuk disampaikan.
  3. Menulis ringkasan sesuai gagasan utama/pokok yang ditemukan sesuai langkah-langkah kedua. 
  4. Gunakan kalimat yang jelas, efektif, menarik, dan mudah dipahami untuk membuat rangkaian cerita singkat yang bisa menggambarkan apa yang akan diceritakan oleh karangan aslinya.
  5. Sinopsis dibuat tidak boleh menyimpang dari isi cerita sebenarnya secara keseluruhan.
Itulah lima langkah yang bisa dilakukan dalam pembuatan sinopsis agar lebih bermakna. Sekiranya dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Dan hal yang paling penting juga si pembuat sinopsis harus dapat mengetahui/memaknai manfaat apa atau pesan apa yang terkandung dalam cerita untuk disampaikan.

"SALAM"

MARI BUDAYAKAN GEMAR MEMBACA

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Sinopsis dan Langkah-langkahnya"

Posting Komentar

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel