January 6, 2017

Panduan Pendataan Peserta UN SD dan Cara Login BIO UN Tahun 2017

Data peserta didik khususnya kelas 6 yang sudah terdata di aplikasi dapodik otomatis akan menjadi calon peserta UN. Tetapi ini hanya berlaku bagi sekolah yang berada pada naungan Kemendikbud pada sekolah SD, SMP, SMA, dan SMK.

Untuk itu sekolah terutama operator dapodik yang sudah ditugaskan pastinya sudah mengecek kelengkapan data siswa. Seperti : Nama lengkap sesuai Akta Lahir, NISN, data orang tua. Sedangkan untuk verifikasi dilakukan di Manajemen UN dengan alamat : pdun.data.kemdikbud.go.id . halaman awalnya bisa dilihat seperti gb. di bawah.


Kolom yang diisikan pada login utama adalah Username dan Password sesuai pada dapodik, tetapi bisa juga mengggunakan altenatif Kode Registrasi.  Setelah berhasil maka akan dibawa ke halaman Beranda pilih Calon Peserta UN

Pada menu calon peserta UN ada 5 tools yang disediakan yaitu : Pengaturan No Kursi, Unduh file Calon Peserta UN, Unduh CPUN ke excel, Unduh Berita Acara, dan Filter PD Berdasarkan NISN. Jika ada Data siswa yang berwarna merah itu artinya NISN masih kosong dan atau tidak valid maka lakukanlah perbaikan melalui verval PD. Baca Panduan Verval PD terbaru

Pada tools pengaturan No. Kursi segeralah ubah nama urut rombel. Jika hanya satu rombel cukup kodenya 01 saja.

Pada Menu Filter PD berfungsi untuk memudahkan melihat peserta didik yang belum punya NISN dan yang sudah. Pada menu "Pengaturan No. Kursi" berfungsi untuk mengatur urutan Rombel yang nantinya akan digunakan sebagai pengaturan tempat duduk Ujian nanti.

Data yang di unduh adalah file data calon peserta UN dalam format (.dz) dan file berita acara (.pdf).  File data calon tersebut sangat penting untuh diunduh karena nantinya bisa dipakai pada aplikasi BIO UN. NB: untuk file format (dz) janganlah dibuka untuk mengantisipasi agar data tidak eror.

Berikut Panduan Pendataan Peserta UN BIO UN secara lengkap


Setelah Anda mendapatkan Aplikasinya  lanjutkan login: Masukkan User : admin dan Password : Admin43 . Simpan file data calon (.dz) tadi di aplikasi BIO UN pada folder DAPODIK. ( untuk membuat folder DAPODIK harus sejajar dengan Biodata sesuai Kabupaten masing - masing)


Langkah selanjutnya adalah  Pilih submenu Export/Import -------> Rayon/Wilayah -------> Sekolah --------> Import DAPODIK/EMIS ------->Pilih file .dz yang akan di import -------> Klik Tombol Proses.

Untuk mengecek data siswa apakah sudah sesuai dengan kenyataan pilihlah Sub Menu Siswa ------> Rayon/Wilayah ------> Sekolah. Dengan demikian data sekolah tersebut akan muncul diceklah dengan teliti.

File Downloadnya bisa di ambil di Bio UN SD 2017

Demikianlah sedikit panduan dari penulis semoga setidaknya ada manfaatnya bagi pembaca.

Baca juga :
Jadwal Ujian Nasional 2017
Kisi-kisi Ujian Nasional 2017

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.
EmoticonEmoticon