Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Login dan Validasi PIP SD Kemdikbud

Untuk kevalidan data setiap siswa sepertinya pemerintah terus melakukan inovasi untuk layak tidaknya para siswa mendapat Program Indonesia Pintar (PIP) dari pemerintah.

Ini terbukti dengan adanya aplikasi baru untuk mengecek apakah siswa masih layak atau tidak. Aplikasi tersebut bernama PIP SD dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Aplikasi berbentuk web yang langsung online harus dikerjakan.

Langkah-langkah login PIP SD dan Validasi PIP SD

Adapun langkah yang harus dilakukan operator adalah login ke PIP SD. Pada halaman depan dipersilahkan login menggunakan username dan password sesuai dengan yang ada di Dapodik di sekolah masing-masing.

Cara login dan validasi PIP SD
Setelah berhasil login akan dibawa ke menu halaman depan / beranda. Pada menu tersebut di sidebar kiri ada tiga pilihan fitur. yaitu Dashbord, Donwload Data, dan Validasi Data.

Pada menu Dashbord ada tampilan 3 fitur pemberitahuan monitoring pengaktivasian terkait data siswa sekolah masing-masing. Fitur tersebut adalah Belum Aktivasi, Sudah Aktivasi, dan Belum Rekening.

Bagimana jika pada laporan tersebut terdapat masih ada sejumlah siswa yang dinyatakan Belum aktivasi? Itu artinya ada sejumlah siswa yang belum mengaktifkan rekeningnya. Caranya adalah datang ke Bank untuk melengkapi formulir sesuai data-data orang tua siswa.

Untuk fitur Sudah Aktivasi artinya untuk melihat atau mendeteksi aktifitas rekening siswa yang .
sudah berjalan. Sedangkan untuk fitur Belum Rekening adalah siswa yang bersangkutan rekening pusatnya belum diterbitkan. Jadi tunggu saja.

Berikutnya pada fitur Donwload Data operator bisa mendapatkan siswa tersebut dengan pilihan donwload data keseluruhan atau yang sudah divalidasi.

Pada fitur Validasi Data akan ditampilkan siswa penerima PIP SD tahun 2017 yang akan dijadikan dasar sebagai penerbitan PIP di tahun 2018. Pada validasi inilah diharapkan para operator untuk melakukan pembenahan apa siswa tersebut layak PIP atau tidak layak PIP.

Bagaiaman cara mengubahnya?
Lihat tools paling kanan berwana merah, tools itulah untuk mengubahnya. Tapi sebelumnya harus diisi terlebih dahulu tools alasan siswa kenapa siswa tersebut tidak layak mendapatkan PIP. Tinggal dipilih saja alsannya sesuai kondisi yang ada dengan mengscrol kebawah pada tanda segitiga.

Jadi demikianlah langka-langkah login PIP SD dan cara validasinya. Semoga saja bisa membantu.

6 komentar untuk "Cara Login dan Validasi PIP SD Kemdikbud"

  1. Info! Sekolah Sudah Bisa login dengan User dan Password dapodik , di tambahkan dengan NPSN sekolah, tetapi saat login operator sekolah kok tidak bisa, mohon sulusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya sudah bisa dengan user dan pasword dapodik. Bukankah itu artinya sudah sama dengan login operator (dapodik). Terus kendalanya dimana? Bisa lebih jelas

      Hapus
  2. Kenapa anak sy tdk dpt bantu dr sekolah seperti danabos/pip spy dpt gmn cara y mohon info y

    BalasHapus
  3. Gimana cara nya supaya anak saya dapat bantuan dari pemerintah dan mendapat kan kartu pip dari sekolah

    BalasHapus
  4. Adik saya memiliki buku rekening simpel, kenpa tahun ini ia tidak mendapatkannya padahal seblumnya selalu dapat sudah cek di pip kemendikbud tetapi tidak bisa di akses mohon penjelasannya

    BalasHapus
  5. Ka maaf nau nanya saya dari sd sampai sma kelas 10 cair dari kip tapi pas naik kelas 11 saya nggak ada pemberitahuan

    BalasHapus

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.