Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi - Kisi USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017 / 2018 Lengkap

Sesuai dengan Surat Edaran BSNP No. 0080/SDAR/BSNP/VIII/2017 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama di seluruh Indonesia dalam rangka persiapan Ujian Sekolah Berstandar Nasional dan Ujian Nasional di Tahun Pelajaran 2017 / 2018, kisi-kisi soal sudah bisa Anda dapatkan.

Untuk surat Edaran tersebut bisa dilihat seperti di gambar di bawah.

Kisi - kisi USBN dan UN tahun Pelajaran 2017/2018


Adapun kisi-kisi USBN 2018 yang sudah di publish adalah tingkat SMP dan SMA/SMK baik yang sudah melaksanakan Kurikulum 2013 maupun yang masih menggunakan KTSP 2006.

Sedangkan untuk kisi-kisi USBN SD Tahun 2018 ternyata ada sedikit perubahan di tahun 2017/2018. Mengenai perubahan itu bisa di cek di Perubahan Mapel USBN SD 2018.

Untuk kisi-kisi USBN SD yang terbaru memang sebelumnya belum ada, tapi sekarang sudah saya sertakan kembali di Kisi-kisi USBN SD 2018  yang akan menuju ke halaman terbaru untuk di unduh. Disamping itu Anda juga  masih bisa mendapatkan kisi-kisi yang tahun 2016/2017 di link dibawah. Tentunya kisi-kisi tersebut mungkin tidak akan jauh berbeda dari sebelumnya.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa kisi-kisi itu merupakan hal yang sangat penting dalam penyusunan soal. Boleh dibilang itu adalah pemetaan suatu penerapan kurikulum yang sudah dijalankan disetiap jenjang pendidikan.

Kisi-kisi yang baik tentunya bisa merangkum semua dari isi kurikulum di satuan pendidikan tersebut. Semua indikator - indikator yang ada jelas, terarah dan mudah untuk dipahami. Tidak menyimpang dari SK dan KD yang ada di satuan pendidikan.

Tim pembuat yang dibentuk pun harus bisa memahami dari indikator yang tertera. satu indikator terdapat satu soal. Kartu soal juga harus dibuat jelas. Untuk memahami kaedah-kaedah penulisan soal Anda bisa baca di Kaidah Penulisan Soal.

Tibalah saatnya sekarang Anda para guru serta pemangku kepentingan jika ingin mendapatkan kisi - kisi USBN 2018 tersebut bisa mengklik tautan dibawah satu persatu dari SD/MI, SMP, dan SMA/SMK.

Kisi-kisi tersebut juga bisa didapatkan dari sumber aslinya pada situs BSNP.

Kisi-Kisi USBN SD 2017  dan USBN SD 2018
Kisi-kisi USBN SMP 2018 
Kisi-kisi USBN SMA 2018 
Kisi-kisi USBN SMK 2018
Demikianlah semoga kisi-kisi tersebut bisa menjadi acuan dalam meningkatkan pembelajaran anak didik dan juga yang lebih penting adalah acuan bagi tim pembuat soal yang sudah mendapatkan kepercayaan.

Posting Komentar untuk "Kisi - Kisi USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017 / 2018 Lengkap"