Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemetaan KD K-13 Jenjang SD Kelas 1 s.d. 6 Semester 2

Pemetaan Kompetensi Dasar di setiap jenjang mapel SD bagi sekolah pelaksana kurikulum 2013 merupakan pekerjaan yang wajib dilakukan oleh setiap guru pengampu kelas/mapel tersebut. Ini penting karena akan selalu digunakan dalam setiap pemetaan baik dalam menyusun kisi - kisi soal, membuat RPP, membuat program tahunan, program semester, serta pada setiap evaluasi.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatannya adalah tentu mengacu pada kurikulum 2013 Permendikbud No.24 Tahun 2016 yang mengatur tentang KI - KD Kurikulum 2013 serta silabus. Setelah melihat ke dua tersebut Buku Guru hal yang sangat penting yang harus digunakan agar dapat berjalan sesuai pembelajaran.

Dari beberapa hal tersebut barulah dibuatkan sebuah tabel bisa di excel atau di word dengan perincian kolom Nomor ; Muatan Pelajaran; Kompetensi Dasar; Tema; Subtema seperti pada gambar.


Dengan membuat tabel seperti contoh pada gambar tentu akan dimudahkan dalam melakukan pemetaan. Lihat Buku Guru yang digunakan setelahnya tinggal mencentang sesuai keperluan yang sudah direncanakan.

Untuk memudahkan bapak/ibu sebenarnya saya sudah buatkan file dalam bentuk word yang bisa langsung dimanfaatkan. Nmaun sebelum digunakan ada baiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu sehingga dalam penggunaan nantinya dapat lebih meyakinkan.

Berikut link downloag yang telah disediakan dari kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 untuk semester 2 di tahun pelajaran 2018/2019. Sedangkan jika untuk semester 1 belum punya bisa lihat disini.

PEMETAAN KD SEMESTER 2LINK
KELAS 1UNDUH
KELAS 2UNDUH
KELAS 3UNDUH
KELAS 4UNDUH
KELAS 5UNDUH
KELAS 6UNDUH

Demikianlah semoga ada manfaatnya bagi insan pendidikan.

Dapatkan pula :
Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 jenjang SD [ Open ]

6 komentar untuk "Pemetaan KD K-13 Jenjang SD Kelas 1 s.d. 6 Semester 2"

  1. Terimakasih ini sangat membantu untuk kebutuhan saya. Selain pemetaan KD adakah RPP kurikulum 2013 untuk semester 2?

    BalasHapus
  2. terima kasih.....artikel pemetaan KD ini sangat membantu pekerjaan saya.... semoga bapak sehat selalu dan karirnya menjadi lebih baik lagi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga bapak. Silahkan di cek kembali. Untuk kelas 3 dan kelas 6 sudah ada yang di revisi 2018 semester 2 nya. Bisa di cari di artikel ini

      Hapus
  3. semoga ilmunya berkah, pak.
    salam kami dari Indonesia Timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Bapak/Ibu semoga bisa meringankan tugasnya. Dan jangan lupa juga berbagi pengalamannya untuk kemajuan pendidikan

      Hapus

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.