Makna Upacara Bendera Setiap Senin di Sekolah

Lima klik : Upacara Bendera yang rutin di lakukan di Sekolah setiap hari Senin tidaklah sekedar berdiri beberapa menit saja. Namun mempunyai arti yang sangat penting terutama dalam pembentukan karakter setiap anak.Sikap akan terbentuk dengan sendirinya.

Upacara bendera setiap hari Senin di sekolah bertujuan untuk melatih kedisiplinan siswa serta memupuk rasa cinta tanah air dan bangsa ataupun menumbuhkan semangat jiwa nasionalisme.

Jika siswa mampu disiplin dalam mengikuti Upacara Bendera, maka pada saat pengibaran Bendera Merah Putih, hati seluruh peserta upacara akan tersa bergetar dan sekaligus bangga karena Sang Merah Putih berkibar dengan gagahnya.

Disanalah terlihat bahwa kita adalah bangsa yang telah Merdeka dan Berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan kita yang telah gugur memperjuangkannya sampai titik darah penghabisan hingga terusir dari ibu pertiwi yang kita cintai ini.

Upacara bendera juga mengajarkan untuk senantiasa mengenang jasa para pahlawan, mendoakannya, menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat peserta didik tahu sejarah bangsa Indonesia dan menamkan jiwa patriotisme dikalangan siswa,
Makna upacara bendera di sekolah

Lantas setelah sekian lama melaksanakan kegiatan Upacara Bendera setiap hari Senin pernahkah terbersit beberapa pertanyaan?
Sudahkah menjadi orang yang tertib?
Sudahkah menjadi pemimpin yang bijaksana?
Sudahkah bersedia dipimpin menjaga kekompakan dan bekerjasama?
Pernahkah terpikir apa yang didapat hari ini adalah jerih payah dan jasa para pahlawan?

Sebab yang menjadi harapan dari pelaksanaan Upacara Bendera ini adalah belajar lebih tertib, mentaati segala peraturan yang berlaku dalam keluarga, sekolah, lingkungan, dan Agama. Belajar lebih disiplin, mengerjakan tugas sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Kemudian kalian siap belajar menjaga nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme, menggunakan produk dalam negeri, melestarikan kebudayaan lokal, dan menjaga peninggalan nenek moyang kita.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal baik.

Bagaimana pembaca?
Tentu sekarang sudah tahu tentang nilai-nilai dalam upacara bendera dan manfaatnya pula. Semoga setelah membaca posting ini pembaca bisa lebih bersemangat lagi dalam mengikuti kegiatan upacara bendera, dan tidak malas lagi dalam berupacara. Karena sudah mengetahui tentang manfaat dalam upacara.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel