Benda dan Sifatnya Pintar IPA SD

Benda - benda dibagi menjadi 3 jenis, yaitu Benda Padat, Cair, serta Gas. Setiap benda memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun sifat-sifat dari ketiga jenis benda tersebut. Pada kesempatan ini rumah baca akan berbagi mengenai Pengertian, Sifat serta contoh dari benda Padat, Cair, dan Gas.

Kita semua tahu bahwa Es krim mudah mencair, apalagi jika berada di bawah terik matahari Saat masih mengeras, es krim merupakan suatu benda padat. Ketika terkena panas, es krim akan berubah menjadi benda cair. Jika es krim cair itu di masukkan ke dalam lemari pendingin, maka es krim akan mengeras kembali. Perubahan pada benda misalnya dari benda padat menjadi cair dan sebaliknya, disebut perubahan wujud.
Belajar tentang sifat-sifat benda untuk anak SD

A. Sifat - sifat Benda

Sifat Benda Padat

  1. Memiliki bentuk dan volume yang tidak berubah
  2. Memiliki permukaan (kasar atau halus)
  3. Memiliki warna
Contoh benda padat adalah : buku, pensil, batu, dll

Sifat Benda Cair

  1. Dapat mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah
  2. Bentuknya berubah-ubah sesuai dengan tempatnya/wadahnya.
  3. Volumenya tetap
Contoh benda cair adalah : air, minyak goreng, sirup, dan lain-lain

Sifat Benda Gas

  1. Bentuk dan volumenya berubah sesuai dengan tempatnya/wadahnya
  2. Menekan ke segala arah
  3. Tidak dapat dipegang hanya dapat dirasakan
Contoh benda gas adalah : udara

B. Kegunaan Benda

Benda - benda di sekitar kita dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kertas kita gunakan untuk menulis. Kaca kita gunakan untuk bercermin. Ada juga benda yang berasal dari plastik, karet, dan kayu.

1. Benda dari Plastik

Ember, gayung, sendok, sayur terbuat dari plastik. Alat-alat rumah tangga banyak menggunakan bahan plastik. Hal ini karena plastik murah dan tahan lama. Plastik tidak dapat menghantarkan panas dan listrik. Contoh benda yang terbuat dari plastik : payung, ember , piring, plastik, dll.

2. Benda dari Kertas

Kertas dibuat dari kulit kayu. Kulit kayu di hancurkan lalu diolah menjadi kertas. Setelah itu, kertas dapat digunakan untuk membuat berbagai benda. Buku tulis terbuat dari bahan kertas. Koran, majalah,bahkan tisu terbuat dari kertas. Kertas untuk membuat tisu sangat tipis dan halus.

Buku tulis kita gunakan untuk menulis. Majalah dan koran memuat berita penting. Tisu digunakan sebagai pembersih. Misalnya, untuk menyeka keringat. Kardus juga terbuat dari kertas. Kardus digunakan untuk membungkus arang. Kertas sangat ringan dan praktis dibawa

3. Benda dari Kayu

Kayu terbuat dari tumbuhan. Sifat kayu keras dan kuat, tetapi mudah dibentuk. Akan tetapi,kayu juga mudah lapuk jika terkena air. Contoh barang yang terbuat dari kayu:tempat tidur,almari,meja.

4. Benda dari Karet

Benda dari karet bersifat elastis dan lentur. Misalnya, ban motor, balon, dan sandal jepit. Ban motor dan mobil digunakan untuk menyangga kendaraan. Dengan demikian, kendaraan dapat berjalan. Balon digunakan untuk mainan anak-anak. Ketika ditiup, balon akan mengembang. Sifat balon amat elastis. Sandal jepit juga terbuat dari karet sandal jepit digunakan sebagai alas kaki.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel