December 2, 2016

Menjadi Pengajar yang Baik ada 10 Hal Penting Harus Dikuasai

Menjadi guru bukanlah hal yang mudah, banyak hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Tidak seperti pandangan negatif apa yang dikatakan orang guru hanya duduk atau memberikan tugas kepada siswa lalu selesai. Walaupun mungkin ada menurut pandangan onklikbaca tapi itu pastilah hanya secuil dari sekian juta guru yang ada.

Setiap guru pastilah punya trik-trik tersendiri untuk menghadapi kendala setiap siswa, baik dari segi afektif, kognitif, maupun psikomotor. Kadang walaupun kendala sama tapi belum tentu pemecahannya bisa sama karena banyak hal yang menjadi penyebab.

Dukungan orang tua sangatlah penting sebagai upaya untuk menyeimbangkan peran guru dalam mendidik.

10 hal penting menjadi pengajar yang baik

Guru adalah berjiwa besar, seberat apapun, senakal apapun anak didiknya pastilah selalu tersenyum, dan bersabar. Untuk itu pada kesempatan ini guna mencegah atau meminimalisir terjadinya suatu kesalahan/ kegagalan dalam mendidik ada 10 hal penting yang harus dikuasai sebagai pengajar yang baik.

Baca Juga : AD ART Komite Sekolah

Berikut penjelasannya :

1. Cintai mata pelajaran, dan tunjukkan pada siswa

Guru harus mencintai setiap mata pelajaran, terutama guru SD yang harus mengajar paling tidak 6 mata pelajaran di kelasnya.

2. Sajikan materi secara menarik

Materi yang menarik tentu sangatlah penting, ini akan bisa membangkitkan minat siswa dalam belajar. Model pembelajaran ataupun strategi yang digunakan secara monoton tidak akan membawa dampak yang signifikan. Guru perlu variasi supaya anak didik tidak bosan.

3. Ciptakan isu dan tema yang menarik minat siswa

Kadang isu juga berdampak sangat penting bisa dilakukan saat akan mulai pembelajaran. Isu bisa diciptakan berdasarkan keadaan yang ada sehingga lebih mudah juga untuk dipahami. (kontektual)

4. Ajukan pertanyaan dengan jawaban imajinatif, analisis, dan evaluatif

Dalam pembelajaran jika tidak ada tanya jawab tentulah kondisi di kelas akan menjadi ayem, rasa ingin tahu jadi kurang. Jika tidak ada dari siswa mulailah dari guru, rangsang siswa untuk merespon setiap pertanyaan yang diajukan. Respon siswapun bisa di jadikan pertanyaan balik sehingga suasana kelas menjadi hidup. Jika sudah seperti itu waktu 2 x jam pelajaran sepertinya akan kurang.

5. Jadilah pendengar yang baik

Pendengar yang baik dimaksudkan ketika siswa menyampaikan sesuatu ataupun pendapatnya maka hargailah pendapat itu. Biarkan siswa mengembangkan pemikirannya. Ingat semua adalah berawal dari hal yang kecil, jika hal yang kecil itu kita terus manfaatkan tentu kedepannya akan menjadi sesuatu yang besar.

6. Memiliki sense of humor

Humor juga sangat penting terutama di saat siswa merasa jenuh, tertekan, tidak konsen kalau itu dipaksakan tentu pencapaiannya akan kurang maksimal. Humor bisa dijadikan senjata untuk memecah kepenatan. Guru dikatakan humor ketika bisa membawa siswanya untuk tertawa. Dengan tertawa maka sejenak pori-pori ketegangan akan terpecah yang akan membawa pada keluwesan kembali.

7. Memberikan perhatian as a humon being kepada siswa

Perhatian kepada siswa itu dilakukan dari awal sampai akhir sehingga siswa pun akan merasa di hargai oleh gurunya.

8. Mendorong berpikir rasional, kritis, dan kreatif

Ketika ada jawaban atau pendapat salah dari siswa, mengajaknya berpikir secara rasional adalah jawabannya dengan begitu maka siswa bisa menyadarinya yang akan membawanya untuk bisa berpikir krtiis, dan kreatif.

9. Selalu siap membantu siswa

Kesiapan seorang guru boleh dikatakan siaga dalam 1 x 24 jam. Baik ketika belajar maupun pada saat istirahat apapun permasalahan siswa haruslah diselesaikan dengan cara yang damai. Kenyamanan dalam suasana lingkungan belajar haruslah tetap terjaga.

10. Memberikan penilaian yang adil

Adil adalah salah satu point penting yang harus terus dilaksanakan. Tidak memandang kaya miskin, anak pejabat atau buruh. Ketetapan aturan sesuai peraturan akademis di sekolah masing-masing haruslah sebagai pedoman yang dipatuhi setiap warga sekolah.

Berikut Contoh peraturan Akademis

Demikianlah 10 hal penting yang harus dikuasai untuk menjadi pengajar yang baik.
Semoga ada manfaat bagi para sahabat.

4 komentar

ternyata menjadi pengajar yang baik banyak juga yg diperlukan. Biasanya orang hanya menjadi pengajar asal mengajar. MANTAP MAS!

Kalau ingin profesional dan maju pendidikannya harus seperti itu mas Heri.

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.
EmoticonEmoticon