January 14, 2018

Buku Paket SBK Kelas 4 dan Kelas 6 KTSP 2006

SBK (Seni Budaya dan Keterampilan) atau juga di kenal dengan Seni Budaya dan Prakarya ( SBDP) pada umumnya dikenal sebagai kegiatan keterampilan saja. Padahal didalamnya ada teori – teori yang harus dikuasai sesuai kurikulum yang dikembangkan di satuan pendidikannya masing-masing.

Seni Budaya dan Keterampilan boleh dikatakan suatu mata pelajaran yang menyenangkan bagi siswa dibanding pelajaran yang lain seperti matematika. Tak jarang pada siswa ketika mendapat pelajaran SBK atau SBDP anak merasa gembira.

Tetapi ketika tidak ada kiat-kiat tertentu dari guru tetap saja anak juga akan merasa bosan. Apalagi yang diprioritaskan hanya pada satu bidang saja misalkan seni rupa saja.

Bagaimanapun itu dan pelajaran apapun itu harus ada variasi di tiap harinya dalam mengembangkan suatu seni ajar yang dapat diterapkan pada siswa.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi Buku Paket SBK kelas 4 dan 6 bagi para yang berkepentingan untuk di baca dan dipelajari yang saya dapatkan dari Buku BSE apalagi yang masih sekolahnya menggunakan kurikulum 2006 (KTSP 2006)

Rincian singkat Buku SBK kelas 4 Kurikulum 2006 (KTSP 2006)

SBK Kelas 4


Penyusun : Ari Subekti, Rantinah, Supriyantiningtyas
Ilustrator : Aris Budiyanto, Haris, Abel
Perwajahan : Harwanto, Novi Ashar Santosa, Yuli Budiyani
Pewarnaan : Bagus Arthe, Tri Subagya, Danan
Desain Kover : Bagus Arthe

Terdiri dari 16 Bab terangkum dalam bidang seni yaitu : Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari, dan Keterampilan dalam 1 tahun.

Semester I

Bab I Mengenal Seni Rupa Terapan halaman 1 Sub nya A. Makna Karya Seni Rupa Terapan dan B. Karya Seni Rupa Terapan Daerah terdapat pada halaman 2 sedangkan Sub C. Apresiasi Karya Seni Rupa Terapan halaman 5

Bab II Menggambar Ilustrasi halaman 11 dengan Subbabnya : A. Ekspresi Diri dalam Gambar Ilustrasi halama 12, dan sub B. Pameran Karya Gambar Ilustrasi di Depan Kelas halaman 15.

Bab III Mengenal Ragam Lagu dan Alat Musik Ritmis halaman 17 dengan Subbabnya A. Mengenal Karya Musik halaman 18, dan B. Alat Musik Ritmis halaman 22.

Bab IV Bermain Alat Musik Ritmis halaman 25 dengan subnya A. Bermain Alat Musik Ritmis halaman 26 dan sub B. Mempertunjukkan Permainan Alat Musik Ritmis halaman 27

Bab V Mengenal Unsur Tari Nusantara halaman 31 dengan Sub A. Jenis-Jenis Unsur Tari Nusantara halaman 32, dan Sub B. Apresiasi Terhadap Keunikan Tari Nusantara halaman 39.

Bab VI Memperagakan Tari Nusantara halam 43 dengan Sub A. Persiapan Peragaan Tari Daerah halaman 44, dan Sub B. Peragaan Tari dengan Iringan 45.

Bab VII Mengenal Karya Kerajinan Nusantara halaman 49 dengan Sub A. Jenis Kerajinan Nusantara halaman 50, dan Sub B. Apresiasi Karya Kerajinan Nusantara halaman 51.

Bab VIII Berkarya Kerajinan Batik dan Benda Konstruksi halaman 55 dengan Sub A. Menciptakan Motif Hias pada Batik halaman 56, dan B. Benda Konstruksi halaman 60.

Semester 2

Bab IX Mengenal Seni Rupa Murni halaman 67 dengan Sub A. Makna Karya Seni Rupa Murni halaman 68, Sub B. Jenis Karya Seni Rupa Murni Daerah halaman 69, dan C. Apresiasi Terhadap Karya Seni Rupa Murni halaman 71.

Bab X Berkarya Relief halaman 75 dengan Sub A.Relief dari Bahan Plastis halaman 76, dan Sub B. Pameran Kelas halaman 80.

Bab XI Mengenal Dinamika dan Alat Musik Melodis halaman 83 dengan Sub A. Dinamik halaman 84, dan Sub B. Mengenal Alat Musik Melodis halaman 86.

Bab XII Bermain Alat Musik Melodis dan Bernyanyi halaman 89 dengan Sub A. Bermain Alat Musik Melodis halaman 90, dan Sub B. Menyanyikan Lagu Daerah dan Lagu Wajib dengan Iringan halaman 94.

Bab XIII Mengapresiasi Karya Seni Tari halaman 99 dengan Sub A. Unsur Tari Kidang halaman 100, dan Sub B. Apresiasi Terhadap Keunikan Tari Daerah Lain halaman 102.

Bab XIV Memperagakan Tari Nusantara Daerah Lain halaman 105 dengan Sub A. Persiapan Peragaan Karya Tari halaman 106, Sub B. Memilih Iringan Tari halaman 107, dan Sub C. Peragaan Karya Tari halaman 108.

Bab XV Mengenal Karya Kerajinan Daerah halaman 115 dengan Sub A. Jenis Karya Kerajinan Daerah halaman 116, dan Sub B. Apresiasi Karya Kerajinan Daerah halaman 118.

Bab XVI Berkarya Benda Kerajinan dan Model Benda Konstruksi halaman 121dengan Sub A. Berkarya Benda Kerajinan halaman 122, dan B. Berkarya Model Benda Konstruksi halaman 126

Tombol Buku Paket SBK Kelas 4

Buku Lainnya : Buku Agama dan Budi Pekerti Kelas 2


Rincian singkat Buku SBK kelas 6 Kurikulum 2006 (KTSP 2006)

SBK Kelas 6 KTSP 2006


Penyusun : Ari Subekti, Rantinah, Supriyantiningtyas
Ilustrator : Purwanto, Ahimsa, Aris Budiyanto
Perwajahan : Harwanto, Yuli Budiyani
Pewarnaan : Tubagoes, Dandee, Tri Subagya
Desain Kover : Tyo
Koordinator : Odip Netto Suyardi
Penanggung Jawab Produksi : Heny Kusumawati

Terdiri dari 16 Bab terangkum dalam bidang seni yaitu : Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari, dan Keterampilan dalam 1 tahun.

Semester 1

Bab I Mengenal Motif Batik halaman 1 dengan Sub A. Jenis Motif Batik halaman 2, B. Berbagai Teknik Membatik hal. 3, dan C. Apresiasi terhadap Keunikan Motif Batik hal. 5

Bab II Berkarya Batik, Gambar Ilustrasi, dan Boneka hal. 9 dengan Sub A. Menciptakan Motif hal. 10, B. Menggambar Ilustrasi hal. 13, dan C. Berkarya Boneka hal. 16.

Bab III Mengapresiasi Musik Daerah hal. 21 dengan Sub A. Mengenal Musik hal. 22, B. Unsur-Unsur Musik hal 23.

Bab IV Bermain Musik dan Menyanyi hal. 27 dengan Sub A. Bermain Alat Musik Ritmis dan Melodis hal. 28, dan B. Menyanyi dengan Iringan Sederhana hal. 32.

Bab V Mengenal Pola Lantai pada Karya Tari hal. 37 dengan Sub A. Makna Pola Lantai hal. 38, B. Pola Lantai Gerak Tari Nusantara hal. 39, dan C. Keindahan Pola Lantai Gerak Tari Nusantara hal 42.

Bab VI Memperagakan Karya Tari Nusantara dengan Pola Lantai halaman. 47 dengan Subtemanya A. Persiapan Peragaan Karya Tari dengan Pola Lantai hal. 48, dan B. Peragaan Karya Tari dengan Pola hal. 49.

Bab VII Mengenal Kerajinan Anyaman hal. 59 dengan Sub A. Kerajinan Anyaman di Sekitar Kita hal. 60, dan B. Apresiasi Terhadap Karya Kerajinan Anyaman hal. 62.

Bab VIII Berkarya Anyaman hal. 67 dengan Sub A. Membuat Anyaman hal.68, dan B. Membuat Benda Pakai dari Anyaman hal. 69.


Semester 2

Bab IX Mengapresiasi Keunikan Motif Hias Nusantara hal. 75 dengan Sub A. Jenis-Jenis Motif Hias Nusantara hal. 76, dan B. Apresiasi Terhadap Keunikan Motif Hias Daerah Lain hal. 78.

Bab X Menggambar Suasana Alam Sekitar dan Pameran Karya Seni Rupa hal. 81 dengan Sub A. Menggambar Ilustrasi Suasana Alam Sekitar hal. 82, dan B. Pameran Karya Seni Rupa hal. 85.

Bab XI Mengapresiasi Lagu dan Musik Daerah hal. 89 dengan Sub A. Membandingkan Berbagai Lagu dan Musik Nusantara hal. 90, dan B. Apresiasi Lagu dan Musik Daerah hal. 92.

Bab XII Bermain Musik dan Mementaskan Karya Musik halaman. 95 dengan Subtemanya A. Bermain Alat Musik Ritmis dan Melodis hal. 96, dan B. Menyiapkan dan Mementaskan Pertunjukan Musik hal. 99.

Bab XIII Mengapresiasi Pola Lantai Gerak Tari Nusantara halaman. 103, dengan Sub A. Persiapan Peragaan Karya Tari dengan Pola Lantai hal. 104, dan Subtema B. Mengapresiasi Pola Lantai Gerak Tari Nusantara hal. 107.

Bab XIV Mempergelarkan Karya Tari hal. 109 dengan Sub A. Peragaan Karya Tari dengan Pola Lantai hal. 110, dan B. Pergelaran Karya Seni Tari hal. 110.

Bab XV Mengapresiasi Kerajinan Benda Mainan Beroda hal. 123 dengan Sub A. Jenis Benda Beroda hal. 124, dan B. Apresiasi Terhadap Benda Mainan Beroda hal. 126.

Bab XVI Berkarya Benda Mainan Beroda hal. 129 dengan Sub A. Merancang Benda Mainan Beroda hal. 130, dan B. Membuat Benda Mainan Beroda Sesuai Rancangan hal. 131

Tombol Buku SBK Kelas 6

Buku lainnya : Buku Kelas 5 Kurukulum 2013 Revisi 2017 

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.
EmoticonEmoticon