Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas 6

Buku Matematika kurikulum 2013 untuk kelas 6 terdiri dari 5 Bab dalam 1 tahun. Berikut paparannya :

Matematika Kelas 6

Bilangan Bulat

Di kelas sebelumnya siswa telah belajar banyak tentang operasi perkalian dan pembagian pada bilangan bulat positif. Dalam konteks perkalian dan pembagian dengan objek bilangan bulat positif secara umum mudah untuk dipahami bahwa perkalian mengakibatkan kuantitas bertambah banyak (berkali lipat), sedangkan pembagian mengakibatkan kuantitas berkurang (terbagi). Apakah hal terebut juga berlaku pada operasi perkalian dan pembagian pada bilangan pecahan? Untuk mendapatkan jawabannya, guru mengajak siswa mempelajari lebih lanjut tentang perkalian dan pembagian dengan objek bilangan pecahan.

Operasi Hitung Campuran

Di kelas sebelumnya siswa sudah belajar tentang operasi hitung bilangan cacah. Siswa juga pernah belajar tentang operasi hitung pecahan. Operasi hitung tersebut meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Siswa juga sudah mengenal sifat komutatif dan sifat asosiatif penjumlahan atau perkalian. Bagaimana jika dalam sebuah soal terdapat lebih dari satu operasi hitung? Misalnya penjumlahan dan perkalian, penjumlahan dan pembagian, pengurangan dan perkalian, atau bahkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian sekaligus. Untuk menyelesaikan operasi hitung campuran tersebut tentu ada aturan, misalnya operasi mana yang harus dikerjakan lebih dahulu.

Lingkaran

Lingkaran adalah salah satu bentuk bangun datar yang banyak dijumpai di sekitar kita. Pada bab ini siswa akan mempelajari unsur-unsur lingkaran, seperti jari-jari, diameter, titik pusat, busur, juring, tembereng, dan tali busur. Siswa juga akan mempelajari tentang keliling dan luas lingkaran. Pengetahuan tentang lingkaran dapat banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk menentukan jarak rumah ke sekolah dengan menghitung banyaknya putaran roda sepeda.

Geometri Ruang

Kompetensi Dasarnya adalah :
  • 3.4 Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
  • 3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya
  • 4.6 Mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola
  • 4.7 Mengidentifikasi bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya

Statistika

Dengan indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
  • Menjelaskan pengumpulan data
  • Menentukan mean dari data tunggal
  • Menentukan median dari data tunggal
  • Menentukan modus dari data tunggal
  • Menginterpretasikan hasil mean, median, dan modus dari data tunggal
  • Menyelesaikan masalah berkaitan dengan mean, median, dan modus dari data tunggal
Berikut link downloadnya : Buku Matematika K 13 Kelas 6

Baca Juga :

  1. Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4
  2. Buku Kelas 3 K 13 Semester 1 Revisi 2018
  3. Buku Kelas 6 K 13 Semester 1 Revisi 2018

3 komentar untuk "Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas 6"

  1. Buku siswa kok tidak ada...mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok. coba cek di menu unduh dan kemudian pilih BSE nanti akan ketemu Buku Siswa dan Buku Guru Matematika yang revisi terbaru untuk SD

      Hapus
  2. Materi tentang lingkaran kok gak ada

    BalasHapus

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.